Penuangan Eco Enzyme Tahap Tujuh Dirangkaikan Hari Ibu

KETUA TP PKK Bangli, Sariasih Sedana Arta, menuangkan eco enzyme tahap tujuh di Dermaga Kedisan, Kintamani, Jumat (8/12/2023). Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BANGLI – Serangkaian memperingati Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember, Tim Penggerak (TP) PKK Bangli menuangkan eco enzyme tahap tujuh di Dermaga Kedisan, Kintamani, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; Ketua TP PKK Bangli, Sariasih Sedana Arta; dan Ketua Bidang I TP PKK Bangli, Suciati Diar. Selain itu melibatkan ketua TP PKK kecamatan, ketua TP PKK desa/kelurahan seluruh Bangli, dan para penggiat lingkungan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Sedana Arta menyampaikan, penuangan eco enzyme bersama seluruh komponen masyarakat Bangli merupakan kali ketujuh dilakukan. Tujuannya untuk ikut merawat sumber mata air secara bergotong royong, karena eco enzyme bisa dibuat semua orang, memakai bahan yang mudah didapat dari sisa sayuran dan buah, tapi bermanfaat luar biasa.

Langkah ini dinilai sejalan dengan Bangli Era Baru yang bersama-sama mengurangi volume sampah, dan mengubah sampah menjadi produk yang mempunyai nilai serta bermanfaat seperti eco enzyme.

“Bisa digunakan menjadi penyubur pertumbuhan tanaman atau fertilizer, mengobati tanah, membersihkan air yang tercemar, pembersih yang bebas dari bahan kimia, mudah terurai, dan lembut,” jelasnya.

Eco enzyme yang diproduksi di Bangli saat ini sebanyak 237 ton 563 liter secara swadaya oleh OPD di Pemkab Bangli, BUMD, sekolah-sekolah, pemerintahan desa, PKK, komunitas serta masyarakat. Penuangan dilakukan bertahap setiap dua minggu sekali dengan volume 20 ton 216 liter, yang dimulai dari 31 Mei sampai 14 Oktober lalu.

Baca juga :  Gianyar Catatkan Respon Rate SP Online Tertinggi di Bali

Pemkab Bangli melakukan berbagai upaya dalam elestarikan Danau Batur, seperti penanganan gulma eceng gondok, penertiban keramba jaring apung, penanganan sampah dan air limbah ke danau.

“Saya mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bangli dan seluruh lapisan masyarakat Bangli, untuk semangat bergotong royong membuat cairan eco enzyme. Jadi, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala dalam rangka menjaga lingkungan, terutama Danau Batur,” ajaknya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.