Pemkot Denpasar Gelar Sosialiasi Permendagri Tentang Kerjasama Daerah

  • Whatsapp
PELAKSANAAN sosialisasi Persmendagri 22 Tahun 2020 tentang tata cara kerja sama daerah, di Ruang Sewaka Mahottama, Graha Sewaka Dharma Lumintang, Selasa (16/11/2021). foto: ist

DENPASAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Bagian Kerjasama Setda Kota Denpasar menggelar sosialiasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 22 Tahun 2020 tentang tata cara kerja sama antar daerah dan kerja sama daerah dengan pihak ketiga, di Ruang Sewaka Mahottama, Graha Sewaka Dharma Lumintang, Selasa (16/11/2021).

Sosialisasi yang dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar, I Made Toya mewakili Wali Kota Denpasar, berlangsung secara hybrid, yang juga dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Gede Risnawan. Sosialisasi melibatkan seluruh pimpinan OPD serta perusahaan daerah di lingkungan Pemkot Denpasar.

Bacaan Lainnya

Sosialisasi menghadirkan dua orang narasumber dari Kementerian Dalam Negeri. (Kemendagri) yakni; Dra. Nita Efrilliana, M.Dev.Plg (Kepala Sub Direktorat Kerja Sama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah Kementerian Dalam Negeri) dan Abdul Aziz, S.Sos (Analis Kebijakan Ahli Muda Pada Seksi Wilayah I Subdirektorat Kerja Sama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan Dan Kerja Sama).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Made Toya, Wali Kota Denpasar IGN. Jaya Negara menyampaikan, kerja sama daerah adalah amanat yang tertuang dalam peraturan pemerintah no 28 tahun 2018 tentang kerja sama daerah, merupakan usaha bersama dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

Baca juga :  Satu Pasien Positif Covid-19 di Mataram Sembuh, Lima PDP Negatif

Hal ini juga sekaligus sebagai pedoman dalam melaksanakan alih pengetahuan dan pengalaman best practises antar aparatur pemerintah (city sharing), menciptakan sinergritas penyelenggaraan pembangunan dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah serta mengembangkan potensi daerah bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder pembangunan.

Lebih lanjut dijelaskan. Kota Denpasar memiliki potensi kreatifitas pada sektor ekonomi kreatif. Sektor ini sangat mendukung kota Denpasar dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi serta menjadi penunjang sektor pariwisata. Oleh karena itu potensi ini diharapkan dapat dikuatkan dan dikembangkan melalui hubungan kerjasama antar pemerintah daerah maupun dengan lembaga/pihak ketiga.

Tujuan sosialisasi ini agar seluruh perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kota Denpasar dapat memahami tata cara kerja sama sesuai permendagri 22 tahun 2020 sehingga memudahkan perangkat daerah melakukan pemetaan potensi daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Jaya Negara berharap melalui sosialisasi ini, peserta dapat menambah wawasan dan memiliki kesamaan pemahaman untuk mengatasi masalah yang belum terselesaikan serta mampu memanfaatkan kerja sama daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati menyampaikan, peserta sosialisasi dari unsur perangkat daerah, bagian, kecamatan dan Perumda di lingkungan Setda Kota Denpasar.

Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada aparatur tentang pentingnya kerja sama daerah sesuai dengan PP Nomor 28 Tahun 2018 beserta turunannya yakni Permendagri 22 tahun 2020, kebijakan kerja sama daerah dan tata cara implementasi kerja sama Daerah sehingga menghasilkan manfaat yang optimal bagi peningikatan kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.