Pemkot Denpasar Gelar Bazar Pangan, Stabilkan Harga Jelang Lebaran

AYU Kristi Arya Wibawa (kedua dari kiri) saat meninjau Bazar Pangan dan Operasi Pasar di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Denpasar, Minggu (24/4/2022). Foto: ist

DENPASAR – Menyambut hari raya Idul Fitri atau Lebaran, Pemkot Denpasar menggelar Bazar Pangan dan Operasi Pasar di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Denpasar Utara, Minggu (24/4/2022). Kegiatan ini diharapkan dapat menstabilkan harga dan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa, kegiatan bazar pangan ini juga sebagai upaya Pemkot Denpasar mencegah terjadi inflasi di Kota Denpasar. Mengingat bahan kebutuhan pangan seperti minyak goreng mengalami kenaikan.

Bacaan Lainnya

‘’Dengan dilaksanakan bazar ini, masyarakat bisa berbelanja dengan harga yang terjangkau karena harga lebih murah 10 – 15 persen. Seperti minyak goreng curah bisa dibeli dengan harga Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kilogram,’’ kata Ayu Kristi Arya Wibawa saat meninjau kegiatan bazar pangan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ayu Kristi Arya Wibawa didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ida Ayu Widnyani Wiradana; Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa; Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian IGAN Raini; dan Kabag Perekonomian Made Saryawan.

Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan, Mayun Suryawangsa, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang digelar tujuh kali dalam setahun. Pelaksanaan bazar pangan ini menyasar desa-desa yang memiliki kelompok pekarangan pangan lestari (P2L) binaan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

Baca juga :  Askab PSSI Jembrana Siap Tuan Rumah Liga 3 Bali, Asal…..

‘’Kami bantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan yang relatif lebih murah karena kami siapkan langsung dari produsen dan distributor sehingga memperpendek rantai pasar agar harga lebih murah dari di pasaran,’’ katanya.

Dalam pelaksanaan bazar ini, pihaknya melibatkan 15 distributor maupun produsen. Bahan pangan yang disediakan mulai dari telur, beras, minyak goreng, sayur, cabai, hingga buah-buahan. ‘’Program ini kami gelar dalam rangka hari-hari besar keagamaan seperti saat ini ada Idul Fitri,’’ kata Mayun Suryawangsa.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga bekerja sama dengan distributor minyak goreng curah CV Crystal untuk menggelar pasar murah minyak goreng. Harga untuk minyak goreng curah ini mengikuti HET yakni Rp14 ribu per liter atau Rp15.500 per kg. Warga pun terlihat antre untuk mendapatkan minyak goreng curah dengan menggunakan nomor antrean.

Salah satu warga Made Suandini mengatakan, harga pangan dalam kegiatan bazar ini sangat terjangkau dan jauh lebih murah dibandingkan di pasaran. Seperti minyak curah harganya Rp15.500 per kg, sedangkan minyak kemasan harganya Rp22.500 per liter.

Kemudian beras Putri Sejati dijual Rp 45.000 per 5 kg. ‘’Harganya benar-benar murah, untuk membeli minyak goreng kami tidak masalah antre. Semoga pemerintah secara rutin melaksanakan kegiatan ini,’’ harapnya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.