Pemilihan AKD di DPRD Mataram Tanpa Gejolak

KETUA Fraksi PDIP DPRD Kota Mataram, Nyayu Ernawati (kanan); bersama Ketua DPRD, Didi Sumardi (tengah), saat memberi ucapan selamat ultah kepada Sekda Kota Mataram, Efendi Eko Saswito, di sela-sela sidang paripurna DPRD, Jumat (18/3/2022). Foto: rul

MATARAM – Berbeda dengan proses pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD NTB yang penuh gejolak dan kontroversi, kegiatan serupa justru berjalan landai-landai saja di DPRD Kota Mataram.

Sebab, penentuan komposisi pimpinan, anggota komisi dan badan-badan di DPRD Mataram berjalan lancar dan kondusif. Di sisa masa jabatan 2,5 tahun ke depan tidak terjadi perubahan signifikan, dengan ketua komisi masih dijabat orang yang sama.

Bacaan Lainnya

Rinciannya, Ketua Komisi I masih dijabat Ismul Hidayat (PKS), Komisi II diampu I Gde Wiska (PDIP), Komisi III dipegang Abd. Rachman (Gerindra), dan Komisi IV dinakhodai Zaitun (Golkar). Ketua Bapemperda masih dijabat M. Zaini (Demokrat), dan Ketua Badan Kehormatan masih dalam kendali Abdul Malik (Golkar).

Beberapa anggota komisi yang bergeser terjadi di Fraksi Golkar dan Fraksi Gerindra, sedangkan fraksi lainnya menetapkan anggotanya untuk tetap berada di komisi semula.

Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana, menyambut hangat pergeseran AKD yang berjalan dengan tertib dan lancar. Menurut Ketua DPD Partai Golkar NTB itu, momentum pergeseran AKD umumnya terjadi lobi-lobi di antara pimpinan partai dalam penentuan komposisi.

Khusus di Kota Mataram, sebutnya, komunikasi antar-ketua partai politik terjalin harmonis dan hangat. Hal ini yang menjadikan pergeseran AKD di DPRD Kota Mataram selalu berlangsung lancar.

Baca juga :  Penumpang Internasional Turun 19 Persen

“Adanya pergeseran AKD ini akan terus meningkatkan harmonisasi antara eksekutif dan legislatif dalam memajukan Kota Mataram,” seru Mohan, Jumat (18/3/2022). rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.