PDIP Gianyar Sumbang Darah ke PMI, Gerakkan Seluruh Struktur dan Kader

  • Whatsapp
FRAKSI PDIP Gianyar menggelar aksi donor darah, untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Gianyar. Foto: adi
FRAKSI PDIP Gianyar menggelar aksi donor darah, untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini stok darah PMI Gianyar mulai menyusut, terlebih sekarang sedang gencarnya berlangsung vaksinasi di Kecamatan Ubud dan di beberapa kota kecamatan se-Gianyar. Saat menjalani proses vaksinasi, seseorang tidak boleh melakukan donor darah, itulah masalahnya.

Situasi ini membuat DPC PDIP Gianyar terpanggil untuk membantu PMI Gianyar mengatasi kekurangan stok darah yang dibutuhkan masyarakat. Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar yang juga Sekretaris DPC PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana, Minggu (9/5/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan, kebutuhan darah saat pandemi ini cukup tinggi, sedangkan intensitas masyarakat untuk mendonorkan darahnya menurun. “Kami terpanggil dan menggerakkan struktur partai dari DPC, PAC sampai tingkat ranting dan anak ranting, serta seluruh kader partai untuk melakukan donor darah di PMI Cabang Gianyar,” ujarnya.

Dalam situasi seperti ini, ucapnya, partai harus berada di tengah-tengah rakyat dan membantu rakyat. Apalagi menyumbang darah ini adalah misi kemanusiaan, dan salah satu yadnya (pengorbanan suci) dalam membantu sesama manusia. Selain instruksi kepada struktur dan kader partai, dia mendaku juga menginstruksikan petugas partai yang ada di legislatif untuk menyumbangkan darahnya.

Baca juga :  Vaksinasi Covid-19 di Denpasar Capai 80,90 Persen

Pada kegiatan misi kemanusiaan ini, dia berujar melaksanakan donor secara bergelombang selama 10 hari di PMI Gianyar mulai tanggal 26 April 2021. Diawali oleh struktur dan kader dari PAC Kecamatan Tampaksiring, lanjut tanggal 29 April oleh PAC Gianyar, tanggal 30 April oleh PAC Ubud begitu. Kemudian tanggal 1 Mei oleh PAC Kecamatan Payangan, tanggal 2 Mei PAC Kecamatan Tegalalang, tanggal 4 Mei oleh Kecamatan Gianyar dan terakhir, tanggal 7 Mei giliran struktur dan kader dari Kecamatan Sukawati serta anggota DPRD Gianyar donor darah. Sedikitnya terkumpul 200 kantong darah dari kegiatan ini. 

Sudarsana memaparkan, donor darah rutin dilakukan saat pandemi. “Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Ketua PMI Gianyar, Ni Made Ratnadi, mengucapkan terima kasih kepada DPC PDIP Gianyar, karena gerakan mereka membantu menambah stok darah di UTD PMI Gianyar tetap terjaga. “Saat pandemi ini, apalagi dalam proses vaksinasi, masyarakat yang donor darah memang menurun. Makanya kami mengharap masyarakat bisa mendonorkan darahnya untuk sesama,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Gianyar ini.

Jika tidak ada pandemi, terangnya, antusiasme dan kerelaan masyarakat melalui kelompok, organisasi pemerintahan maupun swasta, lembaga atau perusahaan cukup tinggi untuk donor darah. Sebulan PMI Gianyar bisa mendapatkan rerata 550-600 kantong darah. Di sisi lain, kebutuhan darah di Gianyar sekitar 700 -800 kantong. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada struktur dan kader DPC PDIP Gianyar, karena membantu kami menjaga ketersediaan darah di PMI Gianyar. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan,” harapnya.

Baca juga :  Disel Tutup Wacana KRBB Usung Paket “Selatan-Utara”

Dalam kesempatan itu, Putu Gede Pebriantara sebagai dewan kehormatan PMI Gianyar menyampaikan, PMI Gianyar mencanangkan ketersediaan darah sekitar 900- 1.000 kantong. Untuk itu dia mengharap masyarakat Gianyar bisa membantu tercapainya ketersediaan darah yang dibutuhkan. “Mudah-mudahan pandemi cepat berlalu, sehingga keadaan cepat pulih dan kehidupan masyarakat pun kembali normal. Termasuk dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah,” ajaknya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.