Patroli Kawal Hak Pilih, Bawaslu Gianyar Sosialisasi di SMKN 1 Mas Ubud

SOSIALISASI sekaligus Patroli Kawal Hak Pilih kepada pemilih pemula dilaksanakan di SMK Negeri 1 Mas Ubud, Jumat (22/9/2023). Foto: ist

POSMERDEKA.COM, GIANYAR – Bawaslu Gianyar sosialisasi sekaligus melakukan patroli Kawal Hak Pilih pemilih pemula di SMKN 1 Mas Ubud, Jumat (22/9/2023). Sosialisasi dirasa penting karena pemilih pemula juga merupakan kaum milenial. Hal tersebut disampaikan anggota Bawaslu Gianyar, I Wayan Gede Sutirta, dan Ni Luh Putu Reika Chrisyanti dengan didampingi Panwascam Ubud.

“Peran milenial dalam Pemilu saat ini sangat penting. Hasil Pemilu sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari dari jenjang pendidikan sampai dengan mencari pekerjaan nanti, jadi kita tidak boleh abai dan harus turut mengawasi jalannya Pemilu,” ajak Sutirta.

Bacaan Lainnya

Ni Luh Putu Reika Chrisyanti menambahkan, tujuan kehadiran Bawaslu Gianyar untuk menguatkan pemahaman tentang kepemiluan kepada para siswa. Para siswa dapat turut melakukan pengawasan dari hal terkecil terhadap diri sendiri dalam Pemilu 2024.

Salah satunya dengan cara melakukan pengecekan terhadap diri sendiri, apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum. “Itu sebagai bentuk partisipasi pengawasan daftar pemilih, memastikan agar diri sendiri dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 nanti,” ajaknya.

Pada kesempatan itu Bawaslu dan Panwascam memandu para siswa melakukan pengecekan diri di aplikasi Cek DPT Online, untuk memastikan apakah sudah masuk dalam DPT atau belum.

Baca juga :  Liga 1 2023-2024 Siap Bergulir Mulai 1 Juli, PSSI Dorong UMKM Kembangkan Ekosistem Industri Sepakbola Indonesia

Anggota Panwascam Ubud, I Kadek Diva Hari Sutara, menguaikan, pelaksanaan Pemilu harus dilakukan berdasarkan asas luber dan jurdil. Karena itu Bawaslu butuh bantuan masyarakat untuk memastikannya. “Bawaslu mengajak untuk ikut mengawasi jalannya tahapan Pemilu bersama Bawaslu, agar terciptanya pemilu sesuai dengan asasnya,” tutup Diva.

Dengan sosialisasi tersebut, Bawaslu berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan berperan aktif menyukseskan Pemilu 2024. Alasan turut melakukan pengawasan atau pencegahan untuk meminimalisir potensi pelanggaran, karena Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat yang disiapkan untuk masyarakat dan hasilnya akan kembali ke masyarakat. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.