Parpol Diajak Dukung Pemutakhiran Data Pemilih

  • Whatsapp
RAKOR pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di KPU Denpasar, Selasa (27/4/2021). Parpol sebagai salah satu eksponen berkepentingan diajak turut serta untuk sosialisasi tahapan ini. Foto: hen
RAKOR pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di KPU Denpasar, Selasa (27/4/2021). Parpol sebagai salah satu eksponen berkepentingan diajak turut serta untuk sosialisasi tahapan ini. Foto: hen

DENPASAR – Upaya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PPDB) untuk keperluan pada Pemilu-Pilkada 2024 digencarkan KPU Denpasar melalui rapat koordinasi (rakor) menggandeng para stakeholder atau pengampu kepentingan, Selasa (27/4/2021) lalu. Agar proses memperbarui data pemilih lebih tepat sasaran, parpol sebagai salah satu pengampu kepentingan diajak turut menyosialisasikan ke konstituennya.

Rakor secara daring itu dihadiri anggota KPU Bali, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya; anggota Bawaslu Denpasar, I Nyoman Putra Wiratma; Kabid SIAK Disdukcapil Denpasar, Kanit Intel Polresta Denpasar, Kodim 1611/Badung dan perwakilan parpol di Denpasar. Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, saat membuka rakor mengatakan, kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan merupakan salah satu kegiatan rutin KPU dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemilu-Pilkada 2024.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan PDPB agar didukung oleh seluruh stakeholder, terutama parpol, yang nantinya paling berkepentingan dengan daftar pemilih saat berkontestasi dalam Pileg 2024,” ajak Agus Darmasanjaya saat memberi arahan. Sementara Putra Wiratma menyatakan mendukung penuh kegiatan PDPB melalui pengawasan lembaganya. Dia juga berujar jajarannya akan turun ke desa/kelurahan untuk melaksanakan sampling terhadap daftar pemilih yang ditambahkan sebagai pemilih baru dalam kegiatan PDPB. “Ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemilih tersebut benar-benar ada atau nyata,” sebutnya.

Baca juga :  Patung Gajah Mada di Mapolres Gianyar Diresmikan

Komisioner KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni, saat memaparkan materi menyampaikan hasil kegiatan PDPB bulan April 2021. Pemilih DPT Pilkada Denpasar 2020 sejumlah 444.929 pada bulan Maret, meningkat menjadi 445.409 karena tambahan pemilih baru yang berasal dari pemilahan dan penyandingan data pemilih tambahan (DPTb), yakni pengguna KTP elektronik saat pemungutan suara. Pada bulan April, jelasnya, jumlah pemilih menurun menjadi 444.643 orang karena adanya pemilih DPT yang meninggal sebanyak 903 orang.

“Ini merupakan hasil verifikasi dan validasi data oleh Disdukcapil. Tambahan pemilih baru berasal dari pemilih DPTb 115 orang dan pensiunan TNI/Polri sebanyak 22 orang,” urainya.

Terkait strategisnya peran parpol dalam menginformasikan PPDB ini, Sekar berharap pengurus parpol membantu menyosialisasikan kegiatan PDPB kepada masyarakat maupun konstituennya. Partisipasi dapat disampaikan secara luring melalui meja Layanan Pemilih di kantor KPU Kota Denpasar. “Bisa juga secara daring melalui website dan Whatsapp Layanan Pemilih,” jelasnya menandaskan. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.