Optimis Pariwisata Bali Akan Pulih

PRAKTISI pendidikan Pariwisata, Ketut Nuka. Foto: ist

DENPASAR – Kebijakan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) termasuk wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk Bali melalui darat dan udara serta diberlakukannya Visa on Arrival (VOA) disambut optimis. Kebijakan ini diyakini akan mendorong pulihnya pariwisata Bali.

Ketika pariwisata sudah mulai bergeliat, tentu akan berpengaruh pada meningkatnya perekonomian termasuk sektor pendidikan, khususnya SMK pariwisata.

Bacaan Lainnya

‘’Kami optimistis pariwisata Bali akan segara pulih. Kebijakan bebas karantina bagi PPLN termasuk wisman yang masuk Bali melalui darat dan udara serta diberlakukannya VoA dan program vaksinasi yang terus berjalan sangat membantu akselerasi pemulihan usaha di bidang pariwisata,’’ ujar praktisi pendidikan pariwisata, Ketut Nuka, Kamis (10/3/2022).

Nuka yang Kepala SMK PGRI 5 Denpasar ini berharap masyarakat tak ragu melanjutkan pendidikan putra-putrinya di program keahlian Akomodasi Perhotelan, seiring optimistis pulihnya pariwisata Bali.

Adalah SMK PGRI 5 Denpasar dikenal sekolah yang sukses memberi penguatan bidang pariwisata dan kewirausahaan. Kendati dihadapkan kondisi pandemi Covid-19, lulusan sekolah ini tak sampai ada yang menganggur.

Jika dalam kondisi normal kebanyakan pelanggan pemakai lulusannya adalah hotel dan restoran, saat ini lulusan Tata Boga sebagian besar bekerja mandiri.

Ada yang membuka bisnis catering bersama, jualan nasi dan kosmetik secara daring, bisnis florist, serta sektor informal lainnnya. ‘’Tak masalah menyimpang dari kompetensi yang diajarkan. Yang penting tumbuhnya jiwa kewirausahaan anak muda Bali,’’ ujarnya.

Baca juga :  Cegah Banjir di Denpasar, Pasukan Biru Atasi Genangan di Tiga Titik

Tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK PGRI 5 Denpasar menerima 700 siswa baru. Sekolah ini dilengkapi gedung baru megah berlantai empat dengan fasilitas semua ruangan kelas ber-AC, kamar hotel praktik sekelas hotel bintang lima, dua lab kitchen dan dua lab restoran yang setara hotel bintang lima yang diberi nama Golden Suite Resturant.

SMK PGRI 5 Denpasar membuka dua kompetensi keahlian yakni Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan. Pendaftaran sudah mulai dibuka hingga daya tampung terpenuhi, dan siswa baru gratis uang gedung. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.