Menteri Erick Sebut Kegiatan Dunia di Mandalika Dongkrak Ekonomi Warga Lokal

  • Whatsapp
MENTERI BUMN Erick Thohir saat berada di Mandalika, Jumat (12/11/2021). Foto: rul
MENTERI BUMN Erick Thohir saat berada di Mandalika, Jumat (12/11/2021). Foto: rul

MATARAM – Kementerian BUMN memastikan perusahaan pelat merah akan mendukung ajang bertaraf internasional di kawasan Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Lombok Tengah. Dukungan itu seiring dengan rencana pemerintah menggelar kegiatan bertaraf dunia usai pelaksanaan WSBK dan MotoGP.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk mendorong sektor pariwisata di Mandalika sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) dan memperkenalkan wisata lain di Indonesia. ‘’Hal ini dapat membantu bangkitnya pariwisata di Indonesia. Dan juga kita akan pastikan bahwa BUMN bukan hanya project base, tapi sesuatu yang sustainable ke depannya, sesuatu yang kita ingin bangun yang betul-betul berlangsung terus, seperti misalnya sirkuit ini,’’ ujar Erick pada wartawan saat mendampingi kunjungan Presiden Jokowi meresmikan sirkuit Mandalika, Jumat (12/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Erick,  adanya berbagai infrastruktur yang tersedia. Salah satunya, jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sirkuit Mandalika sejauh 17,3 Km, akan menjadi kunci utama bagi pemerintah untuk menggerakkan sektor pariwisata dalam negeri. Meski begitu, dia menilai, sektor pariwisata tidak saja menyediakan infrastruktur, budaya, dan pengalaman berwisata. 

Namun, memberikan pengalaman lainnya, termasuk pengalaman menonton ajang balapan MotoGP atau ajang lain yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street. ‘’Jadi, adanya agenda besar yang dijadwalkan pada tahun ini. Di antaranya, WSBK dan MotoGP akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat,’’ kata Erick .

Baca juga :  Tim Bulutangkis Indonesia Tiba di Kampung Atlet Olimpiade

‘’Kita berharap ini semua tentunya bisa merealisasikan agar Lombok sebagai salah satu destinasi super-prioritas pariwisata betul-betul dapat kita kembangkan ke depannya. Dan event di Mandalika ini akan menjadi event olahraga internasional pertama yang kita selenggarakan setelah masa pandemi,’’ sambung Erick menjelaskan. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.