Mendikbudristek Lantik Prof. I Nyoman Gde Antara Sebagai Rektor Unud

  • Whatsapp
PROF. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU. (kanan) dilantik secara daring sebagai Rektor Unud oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Selasa (24/8/2021). Foto: ist
PROF. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU. (kanan) dilantik secara daring sebagai Rektor Unud oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Selasa (24/8/2021). Foto: ist

DENPASAR – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim melantik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., sebagai Rektor Universitas Udayana (Unud) periode 2021-2025 pada Selasa (24/8/2021). Upacara pelantikan Rektor Unud berlangsung secara daring bersamaan dengan pelantikan sejumlah rektor perguruan tinggi lainnya.

Menteri Nadiem dalam sambutannya menyampaikan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Kementerian mengalami dinamika yang luar biasa. Dinamika yang pertama adalah dua kali perubahan organisasi. Yakni, padatahun 2019 dengan bergabungnya kembali unsur Pendidikan Tinggi. Kemudian pada tahun 2021 dengan bergabungnya unsur Riset dan Teknologi. Lalu dinamika yang kedua adalah pandemi Covid-19. Dikatakannya, situasi pandemi telah memberi dampak yang luar biasa terhadap proses belajar mengajar.

Bacaan Lainnya

“Di tengah semua tantangan dan keterbatasan, kita mengalami lompatan dalam adopsi teknologi dalam dunia pendidikan. Di hadapan kita semua, telah menunggu masa depan dengan dinamika dan tantangan yang lebih besar. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kinerja dan menguatkan kolaborasi untuk menghadirkan layanan yang terbaik di bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi,” kata Nadiem.

Baca juga :  Dorong Investigasi Penimbun Kebutuhan Pokok, Demer Tegaskan Negara Tak Boleh Kalah oleh Cukong

Mendikbudristek berharap kepada rektor yang baru dilantik menjadi duta Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berinovasi. Rektor diminta memastikan bahwa perguruan tinggi yang dipimpin akan menghasilkan para calon profesional yang cerdas berkarakter. “Mari jadikan dinamika dan tantangan yang kita hadapi sebagai kesempatan untuk mewujudkan kinerja yang unggul demi kemajuan bangsa dan negara. Mari kita berani menciptakan inovasi,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Nadiem juga mengucapkan terima kasih kepada Prof Dr dr AA Raka Sudewi, Sp.S (K)yang telah melaksanakan tugas sebagai Rektor Unud periode 2017-2021 dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. “Teruslah berkarya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa,” pesannya.

Sementara itu, Prof. I Nyoman Gde Antara diwawancara usai acara pelantikan di Kampus Sudirman Denpasar, menyampaikan terima kasih kepada Prof. Raka Sudewi, Rektor Unud sebelumnya yang memberikan banyak pembelajaran kepada dirinya selama menjadi Wakil Rektor I. “Sekarang tantangannya adalah kami harus melanjutkan apa yang sudah beliau capai, dan kemudian kita akan tingkatkan di waktu mendatang. Terima kasih sekali lagi kepada seluruh sivitas akademika di internal Universitas Udayana, atas segala kontribusinya,” ucapnya.

Prof. Antarajuga berterima kasih kepada masyarakat. Selaku Rektor Unud yang baru dilantik, dia memohon doa restu, mudah-mudahan ke depan kehadiran Unud di tengah-tengah masyarakat bisa lebih dirasakan. “Karena kami akan bersama dengan masyarakat di setiap kesempatan untuk membantu mereka di setiap sisi kehidupan masyarakat Bali dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Mudah-mudahan Universitas Udayana bisa menjalankan visi misinya untuk memberikan kesempatan belajar, akses pendidikan tinggi kepada masyarakat,” katanya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.