Mas Sumatri Serahkan Remisi bagi 112 Napi

  • Whatsapp
Foto: BUPATI MAS SUMATRI POS BALI/NAD BUPATI Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, saat menghadiri pemberian remisi umum kepada warga binaan Lapas Kelas IIB Karangasem, Senin (17/8).
Foto: BUPATI MAS SUMATRI POS BALI/NAD BUPATI Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, saat menghadiri pemberian remisi umum kepada warga binaan Lapas Kelas IIB Karangasem, Senin (17/8).

KARANGASEM – Sebanyak 112 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem, diberikan remisi pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tahun 2020 dengan tema “Indonesia Maju”. Pemberian remisi secara simbolis dilakukan Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, Senin (17/8) kepada tiga perwakilaan dari warga binaan.

Remisi yang diberikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999, bahwa semua narapidana dan anak yang memenuhi persyaratan pada setiap perayaan Hari Kemerdekaan Republik lndonesia, tanggal 17 Agustus diberikan remisi umum. Para napi ini mendapat remisi umum atau pengurangan masa hukuman dari pemerintah antara 1 sampai 6 bulan untuk setiap orang disesuaikan dengan lamanya mereka menjalani hukuman di LP.

Baca juga :  Perusahaan China Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19, Ini Hasilnya...!

Dari 112 narapidana, remisi umum sebanyak 1 bulan diberikan kepada 20 warga binaan, remisi 2 bulan (23 orang), remisi 3 bulan (20 orang), remisi 4 bulan (33 orang), remisi 5 bulan (10 orang), dan remisi 6 bulan (8 orang). Remisi juga diberikan kepada lembaga pembinaan khusus anak Karangasem. Di antaranya, remisi 4 bulan sebanyak 4 orang, remisi 3 bulan (1 orang), dan remisi 1 bulan (8 orang).

Kepala LP Kelas IIB Karangasem, Jaka Prihatin, menyebutkan, dengan pemberian remisi, saat ini LP ditempati 171 warga binaan. Terdiri dari 147 narapidana dan 24 tahanan. Sedangkan untuk LP Khusus Anak ditempati 13 orang.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly dibacakan Bupati Mas Sumatri menyampaikan, bahwa Indonesia telah berdaulat penuh melalui perjuangan bangsa Indonesia. Ini merupakan berkat dan rahmat dari Tuhan. Dengan itu kemerdekaan dimiliki oleh semua warga negara Indonesia termasuk warga binaan permasyarakatan, dimana mereka tetap mendapatkan hak-hak, seperti pengurangan masa tahanan seperti remisi.

Baca juga :  Disdikpora Denpasar Rekrut 70 Guru Kontrak SD

Dikatakan remisi merupakan apresiasi negara atas pencapaian lembaga permasyarakatan. Tahun ini bangsa kita dan seluruh dunia sedang dilanda bencana yang disebabkan oleh virus Corona. Diperlukan tindakan super untuk menangani dan pencegahan penyebaran virus Corona.

‘’Upaya kebijakan pemerintah untuk pencegahan penyebaran virus Corona harus kita hormati dengan mengikuti kebijakan dengan disiplin, secara serius saya mengingatkan kepada para jajaran rutan atau lapas agar jangan ikut dalam praktek narkoba, jaga nama baik lapas dan rutan,’’ ucapnya.

Seluruh warga binaan juga diajak untuk mengikuti dan berperan aktif dalam mengikuti pembinaan di lembaga permasyarakatan. ‘’Pada saat sudah di rumah harus berintraksi baik dengan lingkungan dan masyarakat, berikan contoh kepada masayarakat, untuk petugas lembaga permasyarakatan di HUT Kemerdekaan tahun 2020 ini agar terus meningkatkan kinerja pelayanannya,” tutupnya.

Baca juga :  Kabar Baik, Denpasar Nihil Kasus Positif Covid-19 Berturut-turut Empat Hari

Turut hadir di acara tersebut, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa; Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf. Bima Santosa; Polres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini; Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta; Ketua Pengadilan Karangasem, I Wayan Suarta; Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana; Kalapas Anak, Rainhards Indra Pitoy, dan tokoh masyarakat I Gusti Made Tusan. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.