Made Artana Terpilih sebagai Pekaseh Subak Ayunan

  • Whatsapp
Made Artana. Foto: ist
Made Artana. Foto: ist

MENGWI – Krama Subak Ayunan, Abiansemal-Mengwi  (satu subak ada di wilayah Abiansemal dan wilayah Mengwi) Minggu, 26 Oktober 2021 melakukan pemilihan Pekaseh diikuti 377 anggota subak.

Dalam pemilihan yang dilakukan dengan langsung, umum bebas dan rahasia (luber) itu I Made Artana, asal Banjar/Desa Adat Cengkok, Baha Mengwi sebagai pendatang baru, mendapat suara terbanyak yakni 157 suara, otomatis terpilih sebagai Pakaseh baru.

Bacaan Lainnya

Ia mengalahkan Pekaseh lama yang atas nama I Ketut Parwata, memperoleh  147 suara dan  I Wayan Sugiarta 67 suara. Sebanyak 6 suara tidak sah. Dua nama terakhir berasal dari Desa Ayunan (Abiansemal).

Usai memenangkan pemilihan, I Made Artana mengatakan,  ia akan berusaha bekerja keras melakukan perbaikan terhadap apa kekurangan pejabat lama. Masalah yang sudah baik akan diteruskan, tetapi persoalan yang belum tertangani selama ini akan diperbaiki.

Ia mengatakan, salah satu hal yang diperlukan petani di wilayahnya adalah jalan subak yang masih sempit, bendungan air yang menjadi sumber Subak Ayunan yang ada di wilayah Cengkok dan  persoalan pupuk.

Salah satu masalah yang selama menjadi keluhan adalah air di subak itu relatif kurang lancar terutama di wilayah selatan (depan banjar Cengkok), sehingga penanaman padi harus dilakukan bergiliran, karena air terbatas.

Baca juga :  Debat Paslon di Tabanan Diadakan Dua Kali

Pekaseh terpilih juga memiliki keinginan mengundang anggota DPR-RI asal Bali yang membidangi masalah pertanian,  yakni I Made  Urip guna dapat memberi perhatian kepada subak yang dipimpinnya. 

Selama ini ia mengamati,  Made Urip rajin turun ke bawah bertemu dan tatap muka dengan krama Subak di wilayah pemilihan Bali. nar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.