Macan Kemayoran Boyong Piala Menpora 2021, Marc Klok Peman Terbaik

  • Whatsapp
PARA pemain Persija mengangkat trofi Piala Menpora usai mengalahkan Persib Bandung pada pertandingan leg dua final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021) malam. Pada pertandingan tersebut Persija menang dengan skor 2-1 atau menang agregat 4-1. foto: dok

SOLO – Persija Jakarta sukses mewujudkan ambisinya memboyong Piala Menpora 2021 setelah tim berjuluk Macan Kemayoran itu menyudahi perlawanan Persib Bandung dengan skor 2-1 dalam pertandingan final leg kedua, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021) malam.

Pada babak final leg kedua, 15 menit awal babak pertama pertandingan berjalan seru karena kedua tim saling menyerang untuk bisa memenangkan laga penentu tersebut.

Bacaan Lainnya

Bahkan, Persija yang mempunyai kesempatan untuk menjuarai turnamen tersebut mendapat peluang pada menit ketujuh melalui tendangan pemain depan Taufik Hidayat, yang tinggal berhadapan dengan kiper Persib, I Made Wirawan, tetapi sayang bola mampu diantisipasi kiper asal Gianyar, Bali itu.

Bahkan, pemain sayap kanan Persija, Riko Simanjutak, yang memanfaatkan umpan silang, sundulannya masih melenceng ke kiri gawang Persib.

Persib yang mendapat tekanan harus kehilangan satu pemainnya, pada menit 21, yakni Bayu Fiqri, terkena kartu merah dari wasit setelah akumulasi dua kartu kuning, karena melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Persija.

Dengan Persib yang hanya bermain 10 pemain, permainan menjadi kurang menarik, karena Persija yang sudah menang 2-0 pada leg pertama, lebih sering memainkan bola di daerah pertahanan sendiri.

Baca juga :  Bendungan Peninggalan Belanda Rusak Ditimpa Pohon

Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan menunggu ada tekanan dari pemain Persib yang masih berhati-hati keluar menyerang ke pertahanan lawan. Persib juga menunggu, dengan strategi melakukan serangan balik cepat ke gawang Persija. Kedudukan imbang 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua pertandingan masih berjalan monoton. Persija yang sudah merasa di atas angin terlihat menunggu kelengahan pertahanan lawan. Sebaliknya, Persib yang bermain hanya 10 pemain juga kelihatan masih bertahan di lini belakang agar gawangnya tidak kebobolan.

Persija menjebol gawang Persib pada menit 50 melalui tendangan keras Osvaldo Haay, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0. Gol Persija itu, berawal dari umpan silang Riko Simanjutak yang dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Osvaldo.

Persib memberi respon, dengan mengubah strategi berani menyerang ke pertahanan Persija. Hal ini, membuahkan hasil pada menit 84 melalui tendangan bola mati dari sudut kiri gawang Persija yang dilakukan Ferdinand Sinaga sehingga menyamankan kedudukan 1-1.

Namun, Persija kembali unggul pada tambahan waktu babak kedua melalui kerja sama antara Osvaldo Haay dan Riko Simanjutak. Riko yang berdiri bebas langsung melesakkan bola ke pojok gawang Persib sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Persija.

Keunggulan Persija 2-1 atau agregat 4-1, bertahan hingga wasit Agus Fauzan Arifin asal Yogyakarta meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir.

Baca juga :  Selama Pandemi Covid-19, Penumpang Pelabuhan Padangbai Turun 95 Persen

Pemain Terbaik
Gelar juara Persija semakin lengkap karena, gelandangnya Marc Anthony Klok terpilih sebagai Pemain Terbaik. Bahkan, Klok berhasil menyingkirkan dua nominasi kuat pemain terbaik, yakni kiper PSM Makassar Hilman Syah dan pemain sayap Persib Bandung Frets Butuan.

Kemenangan Persija dinilai tidak lepas dari peran Klok yang tampil konsisten sepanjang turnamen sehingga pemain naturalisasi itu berhak menyandang gelar pemain terbaik dan mendapatkan hadiah Rp100 juta.

Sementara gelar pencetak gol terbanyak Piala Menpora 2021 direbut pemain Persiraja Banda Aceh Assanur “Torres” Rijal yang sukses mengoleksi empat gol.

Rijal Torres juga satu-satunya pemain yang mencetak hattrick alias trigol dalam pertandingan perdana Grup D melawan Persita Tangerang pada 24 Maret lalu. Pemain berusia 25 tahun yang kini telah pindah ke Persis Solo itu mendapatkan hadiah Rp100 juta atas raihan gol terbanyaknya.

Giliran Pemain Muda Terbaik disematkan kepada bek sayap PSIS Semarang, Pratama Arhan Alif Rifai, mengungguli pemain-pemain lain yang dijagokan, seperti Saddam Gaffar (PSS Sleman).

Arhan berhak atas gelar tersebut karena penampilannya yang memikat sepanjang gelaran Piala Menpora 2021 dan mengemas dua gol sehingga berhak membawa pulang uang Rp50 juta.

Sementara itu, gelar Wasit Terbaik diberikan kepada Agus Fauzan Arifin dengan hadiah Rp50 juta, dan penghargaan tim Fair Play disandang oleh PSM Makassar dengan hadiah Rp100 juta.

Baca juga :  Karena Ini, Sulsel Ingin Belajar Banyak dari TP PKK Bali

Persija sebagai pemenang Piala Menpora mendapatkan hadiah Rp2 miliar, kemudian Persib mendapatkan Rp1 miliar sebagai peringkat kedua, dan peringkat ketiga PSS Sleman Rp750 juta, serta keempat PSM Makassar Rp500 juta. ant/yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.