Luar Biasa, Capaian Taekwondo Bali di PON XX Lampaui Target

  • Whatsapp
PENYAMBUTAN Tim Taekwondo Bali di Bandara Ngurah Rai usai berlaga di PON XX Papua. foto: ist

MANGUPURA – Sempat dipandang sebelah mata alias kurang diperhitungkan, bahkan jumlah atlet yang lolos pun nyaris dipangkas. Nyatanya, kiprah tim taekwondo Bali sangat luar biasa pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kontribusi taekwondo untuk kontingen Bali terbilang lumayan bagus dengan sumbangan 6 medali yang terdiri dari 1 keping emas, 1 perak dan 4 perunggu. Hingga cabang olahraga taekwondo mengakhiri pertandingannya di tanah Papua, tim taekwondo Bali finish di urutan kelima klasemen akhir perolehan medali.

Bacaan Lainnya

Raihan satu medali emas dari aksi Ni Kadek Heni Prikasih di nomor kyorugi under 45 kg, juga menjadi torehan sejarah manis. Betapa tidak, ini menjadi medali emas pertama taekwondo Bali sejak berpartisipasi pada even akbar empat tahunan tersebut.

”Ini buah kerja keras semua pihak, baik itu pengurus TI Bali, ofisial, pelatih dan tentu saja sebagai ujung tombaknya adalah perjuangan para atlet di arena pertandingan. Luar biasa, prestasi ini sangat mengharukan,” ujar Ketua Umum Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Bali, DR. Ir. AAP. Agung Suryawan Wiranatha, M.Sc., disela-sela acara penjemputan Tim Taekwondo Bali, di Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (7/10/2021) petang.

Baca juga :  Selly Mantra Harap UKM Terus Bertahan di Masa Pandemi

Sebelum bertarung ke PON XX, lanjut Agung Suryawan, TI Bali memang menargetkan bisa pecah telor (meraih medali emas). Pada dua PON sebelumnya, Bali belum mampu meraih medali emas. Di PON XVIII Riau, prestasi terbaik Bali meraih 1 perak dan PON XIX di Jabar turun menjadi satu perunggu. Dan di PON XX ini, Bali yang meloloslan 9 taekwondoinnya, akhirnya baru bisa menyumbangkan medali emas untuk Bali.

“Astungkara (puji syukur), kita juga berhasil melampaui target 1 emas itu dengan tambahan 1 perak dan 4 perunggu. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para atlet, terutama kepada Kadek Heni yang mendapatkan emas dan kepada atlet lainnya yang sudah bisa menyumbangkan medali. Namun, yang belum menyumbangkan medali, ayo tetap latihan. Tiga tahun lagi tidak lama, ayo cari prestasi,” kata Agung Suryawan.

Tarkait agenda menghadapi PON ke-21 di Aceh-Sumut? Agung Suryawan mengatakan, setidaknya bisa mempertahankan prestasi yang diraih saat ini dan tentu saja juga berharap bisa memperoleh medali emas lebih dari satu keping. ”Selain itu, TI Bali juga bertekad ingin meloloskan banyak atlet. Karena dengan banyak atlet yang tampil, tentu akan lebih berpotensi meraih medali yang lebih banyak,” pungkasnya.

Sementara dalam laporannya, Manajer Tim Taekwondo Bali ,Made Muliasa, S.T., mengatakan, Bali menduduki rangking kelima cabor taekwondo dengan perolehan 1 medali emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Juara umum taekwondo diraih kontingen Jawa Barat dengan perolehan 9 emas, 9 perak, dan 3 perunggu.

Baca juga :  PKB XLIII: GKW Sida Gita Karya Sidakarya Denpasar Unjuk Kebolehan

”Saya mengucapkan banyak terima kasih atas doa dan dukungan tim Taekwondo Bali terutama Ketum TI Bali yang telah mengamanahkan tugas ini kepada kami. Juga kepada Pemerintah Daerah Provinsi Bali atas segala fasilitasnya sehingga tim bisa meraih yang terbaik dan bisa meraih medali emas di PON XX Papua,” ucapnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.