LPD Kedonganan Rancang Role Model Usaha Riil

  • Whatsapp
KETUT Madra menunjukan KKM LPD Kedonganan di Tekad Pasar Tenten. Foto: ist
KETUT Madra menunjukan KKM LPD Kedonganan di Tekad Pasar Tenten. Foto: ist

MANGUPURA – Untuk merealisasikan keberadaan Bagha Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) di Kedonganan, LPD Kedonganan memotivasi dan merancang role model usaha riil, yang diharapkan bisa dikelola oleh pemuda Kedonganan kedepannya. Hal tersebut diwujudkan berupa inkubator bisnis di tingkat desa adat yang menyentuh sektor riil.

Adapun tiga sektor usaha riil yang kini disentuh adalah Tekad (Tenten Krama Desa Adat Kedonganan), Gedong Kertha Loka dan usaha perlengkapan alat upacara Panca Yadnya dan Panca Kerta. Pada Rabu (9/9) menjadi momen peletakan batu pertama pembangunan Gedong Kertha Loka dan meresmikan Tekad Mart. Hal tersebut berbarengan dengan momen perayaan HUT ke-30 LPD Kedonganan.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua LPD Kedonganan, Ketut Madra, sektor riil merupakan sektor yang utama yang bisa membantu menjaga eksistensi keberadaan LPD. Karena itulah sektor riil tersebut harus tergarap dengan baik, mengingat sektor tersebut masih kurang diminati. ‘’Jadi kami merangsang ini dengan kemudahan tekhnologi saat ini. Jika ini tergarap dengan baik, kami harap krama bisa mandiri. Baik dari sisi ekonomi maupun budaya,’’ ujarnya.

Ditegaskan, peran LPD Kedonganan dalam hal ini hanya dalam kapasitas pendampingan, pemberi finansial, mengarahkan pengelolaan, motiator dan fasilitator. Sementara pengelolannya tersebut dilakukan oleh beberapa pemuda Kedonganan. Ke depan pihaknya mengaku akan mendorong pemuda Kedonganan untuk membuat manajemen pengelolaan khusus. 023

Baca juga :  Luhut: Pariwisata Baru Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat Covid-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.