Lomba HUT PDIP Berkorelasi Atasi Kesulitan Masyarakat, Siapkan Seribuan Beasiswa Anak Yatim Piatu

  • Whatsapp
DEWA Made Mahayadnya memaparkan pelbagai lomba yang dilangsungkan DPD PDIP Bali serangkaian HUT ke-48 PDIP, Senin (3/5/2021). Aneka lomba itu dirancang untuk berkorelasi mengatasi kesulitan masyarakat saat ini dihajar pandemi. Foto: hen
DEWA Made Mahayadnya memaparkan pelbagai lomba yang dilangsungkan DPD PDIP Bali serangkaian HUT ke-48 PDIP, Senin (3/5/2021). Aneka lomba itu dirancang untuk berkorelasi mengatasi kesulitan masyarakat saat ini dihajar pandemi. Foto: hen

DENPASAR – Pelbagai lomba serangkaian HUT ke-48 PDIP dirancang dan dijalankan berkorelasi dengan kesulitan yang dialami masyarakat, terutama di saat sulit ekonomi akibat pandemi Covid-19. Selain itu, semua lomba merupakan implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang diusung Gubernur Bali yang juga Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster.

“Sebagai partai pelopor di Indonesia, partai kami bertugas mencerdaskan masyarakat luas, dan di Bali termasuk bidang pertanian, para perajin dan kearifan lokal,” kata Koordinator Umum Lomba DPD PDIP Bali, Dewa Made Mahayadnya, Senin (3/5/2021).

Bacaan Lainnya

Dia menyebut lomba mixologi arak bali misalnya, sebagai implementasi Pergub Bali Nomor 1/2020 dan Pergub Nomor 99/2018. Lomba desain busana adat ke kantor, jelasnya, merupakan terjemahan dari Pergub Nomor 79/2018 dan SE Gubernur Nomor 04/2021. “Produk masyarakat kita perlu didukung untuk produksi dan pemasaran karena saat ini sulit dijual. PDIP hadir untuk solving problem (memecahkan masalah) di masyarakat, terutama kehidupan petani dan perajin,” urai politisi yang biasa disapa Dewa Jack itu didampingi para koordinator lomba.

Koordinator lomba mixologi arak bali, Ramia Adnyana, berkata pekerjaan mixologis (pencampur minuman) dan barista (peracik kopi) sangat digemari kaum milenial saat ini. PDIP hadir untuk menyiapkan wadah bagi mereka menyalurkan bakatnya melalui lomba. Termasuk menyiapkan pelatihan bagi 21 ribu pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bali agar punya keahlian khusus sebelum berangkat ke luar negeri. Melalui lomba mixologi dan barista pula, jelasnya, PDIP membantu petani arak lokal dan komunitas petani kopi.

Baca juga :  Semara Pegulingan-Gong Gede Sambut Presiden Jokowi di Ubud

Di samping lomba mixologi arak bali dan barista, partai terbesar di Bali ini juga membuat lomba cerdas cermat berbahasa Bali. Kegiatan ini untuk mengantisipasi rendahnya minat generasi muda dan anak sekolah berbahasa Bali. “Padahal bahasa Bali dinilai penting digunakan sehari-hari, terutama untuk pimpinan daerah dan di legislatif,” kata IGA Diah Werdhi Srikandi selaku koordinator.  

Berikutnya ada lomba endek motif Bali dengan warna dasar tridatu, lomba desain kreasi busana adat ke kantor pakem Bali, dan lomba website aksara Bali.

Selain aneka lomba, PDIP juga mengadakan bakti sosial berupa pemberian beasiswa kepada anak yatim piatu berprestasi mulai SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Total ada 225 orang dari masing-masing kategori itu dengan setiap kabupaten/kota sebanyak 25 orang, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1.125 siswa. “Partai bisa merasakan bagaimana kehilangan kasih sayang di usia muda dari SD, SMP, SMA dan SMK itu. Kami berbagi dan bantu mengambil beban meski tidak maksimal sekali,” jelas Luh Yuniati selaku Koordinator.

“Nominalnya masih kami rembukkan dulu, karena anggarannya gotong royong. Akan diumumkan segera,” imbuhnya.

Disinggung kriteria yang berhak mendapat beasiswa itu, Dewa Jack berujar usulannya diserahkan kepada struktur partai di daerah, khususnya para kepala daerah dari PDIP. Selain itu juga koordinasi dengan Dinas Pendidikan masing-masing wilayah yang memiliki data.

Baca juga :  Waspada! Jimbaran dan Benoa Zona Merah Corona

Apa tidak khawatir akan memantik ketidakpuasan bagi yang merasa berhak tapi tidak dapat bagian jika kriteria tidak dijelaskan? “Apapun itu kami tahu tidak bisa memuaskan semua pihak, yang jelas kami lakukan semampunya. Dan prestasinya itu khusus akademis di sekolah,” tegasnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.