KPU Badung Rancang Simulasi Penambahan Kursi DPRD, Lidartawan Ingatkan Perancangan Anggaran Pilkada 2024

  • Whatsapp
ROMBONGAN KPU Badung didampingi Ketua KPU Bali audiensi dengan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, di rumah jabatan Bupati, Senin (19/4). Selain mengapresiasi pelaksanaan Pilkada Badung 2020, Giri Prasta juga minta dilakukan sosialisasi dan simulasi terkait penambahan kursi di DPRD Badung. Foto: ist
ROMBONGAN KPU Badung didampingi Ketua KPU Bali audiensi dengan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, di rumah jabatan Bupati, Senin (19/4). Selain mengapresiasi pelaksanaan Pilkada Badung 2020, Giri Prasta juga minta dilakukan sosialisasi dan simulasi terkait penambahan kursi di DPRD Badung. Foto: ist

MANGUPURA – KPU Badung mulai mengambil ancang-ancang menyiapkan skenario penambahan kursi di DPRD Badung dari 40 menjadi 45 kursi pada Pemilu 2024 mendatang. Penambahan kursi di parlemen merupakan konsekuensi adanya penambahan jumlah penduduk Badung yang di atas 500 ribu jiwa.

‘’Kami akan merancang simulasi untuk memetakan di kecamatan mana saja penambahan kursi itu. Hal itu juga sesuai dengan permintaan Pak Bupati (Badung) saat kami audiensi tadi,’’ kata Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Senin (19/4/2021).

Bacaan Lainnya

Rombongan komisioner KPU Badung didampingi Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, bertemu Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, di rumah jabatan Bupati, kemarin. Selain melaporkan selesainya tahapan Pilkada 2020, juga membincang persiapan penyelenggaraan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Dalam pertemuan dengan Bupati itu, jelasnya, KPU menyampaikan adanya penambahan jumlah penduduk Badung, sesuai data Disdukcapil, saat ini menjadi 507.418 jiwa. Mengacu aturan yang ada, bagi kabupaten/kota dengan penduduk lebih dari 500 ribu jiwa sampai 1 juta orang, memperoleh alokasi 45 kursi. “Laporan kami itu berkelindan dengan program Bupati untuk pendataan jumlah penduduk di Badung yang sebenarnya. Harapannya pada tahun 2024 nanti KPU punya database pemilih berdasarkan validasi penduduk dengan berbasiskan data di desa,” terang Kayun, sapaan akrabnya.

Baca juga :  Hindari Sengketa, KPU Wajib Kerja Teliti

Kepastian penambahan alokasi kursi itu, cetusnya, masih menunggu Data Agregat Kependudukan semester 2 tahun 2020. Nanti keputusan akhir tetap ada di Kemendagri, dan KPU diminta merancang simulasi penambahan kursi di mana saja. Bupati berharap dengan dirancang lebih awal, maka lebih memudahkan untuk sosialisasi ke masyarakat.

“Bupati sangat mengapresiasi dan minta kami bersinergi  dengan Kesbangpolinmas Badung (terkait penambahan kursi), karena nanti bermuara ke penganggaran. Kami juga akan tindaklanjuti dengan agenda relawan demokrasi di tingkat desa untuk sosialisasi agar ada pendidikan politik di bawah,” urainya.

Terkait laporan tahapan Pilkada 2020, Kayun mendaku Bupati memberi apresiasi karena Pilkada Badung berjalan lancar. Apalagi tingkat partisipasi masyarakat sangat baik, mencapai nyaris 85 persen dan tertinggi di Bali. Catatan itu ingin dijadikan role model (contoh) berkaitan dengan partisipasi masyarakat dan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan dalam semua tahapan pilkada. “Intinya, apa yang kami jalankan, tentu dengan dukungan semua pihak, sudah berjalan di rel yang sesuai,” tandasnya.

Di kesempatan terpisah, Lidartawan berujar menitip pesan kepada Bupati untuk menyiapkan anggaran melaksanakan tahapan Pilkada 2024. Meski masih tiga tahun lagi, dia berkata tahapan penuh akan dijalankan sejak tahun 2023. Kondisi itu mensyaratkan penganggaran sudah harus selesai pada tahun 2022, untuk APBD Induk 2023.

“Saya menitip itu karena tahun 2024 itu pemilihan Gubernur dengan pemilihan bupati/wali kota dilaksanakan bersamaan. Jadi, harus jelas sejak awal tahapan apa saja yang dikerjakan KPU Provinsi, dan yang mana jadi tanggung jawab KPU kabupaten/kota. Apalagi ini masih pandemi, sumber keuangan dan penganggaran dipikirkan sejak awal,” lugasnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.