Kontribusi Perguruan Tinggi Membangun Negeri

  • Whatsapp
NI Kadek Sinarwati, Dosen FE Universitas Pendidikan Ganesha

Oleh Ni Kadek Sinarwati
Dosen FE Universitas Pendidikan Ganesha

PERGURUAN Tinggi merupakan sebuah institusi yang memiliki kewajiban untuk turut serta mewujudkan tujuan pembangunan Bangsa seperti yang tertuang pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai sebuah institusi yang bergerak dibidang pendidikan, kontribusi Perguruan Tinggi membangun negeri terwujud dalam partisipasinya mencetak tenaga kerja.

Bacaan Lainnya

Dalam rangka menghasilkan output tenaga kerja yang berkualitas, Perguruan Tinggi senantiasa melakukan pembenahan dibidang sarana prasarana pembelajaran, penyesuaian kurikulum dengan melibatkan pihak industri selaku pengguna lulusan dan meningkatkan kualitas pendidik maupun tenaga kependidikan melalui peningkatan strata pendidikan dan mengikutsertakan pada kegiatan pelatihan, workshop, seminar maupun kegiatan pelatihan lainnya.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan mahasiswa ke desa merupakan wujud kontribusi Perguruan Tinggi bagi negeri. Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi pelaksanaan program KKN. Universitas Pendidikan Ganesha misalnya tetap melaksanakan program KKN di tengah pandemi, namun KKN dilaksanakan secara online yang diberi nama KKNbD (kuliah kerja nyata berbasis daring).

Tema-tema KKN selama pandemi tahun ini diantaranya adalah penegahan Covid-19 secara klinis, penanggulangan dampak sosial ekonomi akibat pandemi, penanggulangan dampak psikologis akibat pandemi, pendidikan atau pembelajaran di masa pandemi dan mekanisme serta etika pembuatan konten blog.

Baca juga :  Melinggih FC Rebut Piala PAC PDIP Payangan

Program kerja yang dilaksanakan salah satu kelompok mahasiswa KKN misalnya kelompok 11 periode KKN tahun 2021 diantaranya pemanfaatan tanaman obat keluarga sebagai alternatif mencegah timbulnya penyakit akibat Covid-19, pelatihan pembuatan hand sanitizer berbasis video, penyelenggaraan tindakan preventif penularan covid-19, peningkatan minat belajar Bahasa Inggris siswa SMKN 1 Tejakula melalui penggunaan media Kahoot, meningkatkan produktivitas remaja di tengah pandemi covid-19 melalui bisnis online, peningkatan belajar sejarah zaman Hindia Belanda Kampung Bugis via video pembelajaran dan pemanfaatan media berupa video pembelajaran bagi siswa sekolah dasar di masa pandemi.

Kontribusi lain Perguruan tinggi membangun negeri adalah keterlibatan dosen dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu tiga kewajiban utama dosen yang terdiri dari melakukan pembelajaran, melakukan penelitian dan melakukan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen khususnya masyarakat desa merupakan wujud dukungan terhadap program pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran untuk mengurangi kesenjangan kota dengan desa.

Bentuk kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh dosen sangat beragam. Dosen di Universitas Pendidikan Ganesha misalnya yang memiliki program studi kependidikan dan non kependidikan memiliki ragam pengabdian yang lebih banyak dibandingkan dengan Perguruan Tinggi yang hanya memiliki program studi non kependidikan. Dosen di program studi kependidikan menyasar guru-guru dalam kegiatan pengabdian masyarakatnya. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan seperti memberikan pelatihan dan pendampingan tentang penelitian tindakan kelas, pembuatan buku ajar, pembuatan e-module, pembuatan video pembelajaran dan yang lainnya.

Baca juga :  Bupati Bangli Minta Pimpinan OPD Tingkatkan Pengawasan

Kegiatan pengabdian masyarakat dosen di program studi non kependidikan misalnya di Fakultas Ekonomi melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan kepada koperasi, pelatihan dan pendampingan manajemen usaha lembaga perkreditan desa, pelatihan dan pendampingan penyusunan program kerja BUMDesa, pelatihan dan pendampingan manajemen usaha mikro dan yang lainnya.

Dosen di program studi ilmu hukum mendampingi pelaku usaha mikro untuk melindungi desain karya pengrajin dengan membantu pengrajin mendaptarkan karya nya untuk memperoleh sertifikat hak cipta. Dosen pada program studi perhotelan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan tempat wisata kepada kelompok sadar wisata (pokdarwis), dan memberikan pendampingan upaya penyelamatan wisatawan pantai kepada petugas balawista.

Terdapat banyak jenis kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen di Perguruan Tinggi sesuai dengan disipin ilmunya masing-masing. Sumber daya manusia yang berkualitas, kegiatan kuliah kerja nyata dan pengabdian masyarakat dosen yang melakukan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat merupakan wujud dari kontribusi Perguruan Tinggi bagi Negri, Universitas Pendidikan Ganesha sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki program studi kependidikan dan non kependidikan telah berpartisipasi membangun Bali dan Indonesia. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.