KONI Pusat Dukung Penuh Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle 2023 di Bali

PERAIH medali emas modern pentathlon nomor Beach Laser Run Individual SEA Games 2019, Dea Salsabila Putri (kiri). foto: ist

JAKARTA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mendukung penuh penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle 2023 yang dijadwalkan bergulir di Nusa Dua, Bali, pada 26-30 April 2023.

Menurut Marciano, ajang ini penting mengingat pancalomba lomba atau modern pentathlon adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Dengan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia, dia berharap akan lahir banyak atlet pancalomba modern Indonesia yang mampu berprestasi pada tingkat internasional.

Bacaan Lainnya

“Berharap modern pentathlon menjadi salah satu olahraga unggulan kita karena ini dipertandingkan di Olimpiade,” kata Marciano saat menerima audiensi Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI) di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Selasa (.

Dalam keterangannya, Marciano juga mengatakan menjadi tuan rumah dalam kegiatan internasional menjadi langkah baik dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade. “Kalau Indonesia ingin menjadi tuan rumah Olimpiade, semua cabang olahraga harus siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan single event,” kata Marciano, dikutip posmerdeka.com dari antaranews.

Pada sisi lain ada juga peran sporttourism yang mendukung program destinasi wisata pemerintah serta turut menyejahterakan masyarakat sekitar. “Memenangi modern pentathlon sebagai tuan rumah menjadi jalan Indonesia menuju tuan rumah Olimpiade. Makin banyak cabang olahraga yang kejuaraan dunianya digelar di Indonesia, makin besar peluang Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade,” kata Marciano.

Baca juga :  Jembrana Kloter Kedua Vaksinasi Corona

Ketua PP MPI Anthony Charles Sunarjo sebelumnya melaporkan Indonesia telah mencatat sejarah karena pertama kali ditetapkan sebagai tuan rumah kompetisi internasional modern pentathlon.

Dia bersama jajarannya berupaya keras menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah mengingat imbauan Presiden Joko Widodo yang menyatakan cabang olahraga perlu menjadi tuan rumah kejuaraan dunia.

Federasi Modern Pentathlon Internasional (UIPM) menentukan tuan rumah kompetisi akbar 2023 yakni, Bali, Indonesia dan Ankara, Turki. Kedua negara ini untuk kali pertama sebagai tuan rumah.

Di luar kedua tempat yang baru pertama kali menjadi tuan rumah, ada Bath di Inggris yang turut menjadi penyelenggara tahun depan. Nusa Dua di Bali menjadi tempat penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle UIPM 2023.

Biathle mempertandingkan renang dan lari, sedangkan Triatle mempertandingkan renang, lari dan menembak. Bukan hanya di Indonesia, Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle juga pertama kali diselenggarakan di Asia.

Pemilihan Bali juga mempertimbangkan warisan Asian Games 2018 di Indonesia. Saat itu, Indonesia mendapatkan gelar penyelenggara kegiatan terbaik dalam ajang yang menggabungkan beberapa cabang olahraga dalam satu event itu di kompleks Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre, Tigaraksa, Tangerang, Banten. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.