Klungkung Siapkan 103 Program Inovasi di IGA 2021

  • Whatsapp
BUPATI Klungkung, I Nyoman Suwirta (kiri), saat mengunjungi sejumlah OPD di Pemkab Klungkung, Selasa (6/4/2021). foto: ist

KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengunjungi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (6/4/2021) untuk memastikan pengelolaan pemerintah daerah dilakukan dengan program inovatif.

OPD yang dikunjungi yakni Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Organisasi, Baperlitbang, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

Bacaan Lainnya

“Saya hanya ingin memastikan dalam kegiatan pengelolaan pemerintah daerah dilakukan dengan program inovasi. OPD juga saya genjot untuk menciptakan program inovasi guna mempercepat penyelesaian masalah, serta menggali potensi, terlepas dari adanya lomba Sinovik dari Menpan-RB dan Kemendagri. OPD supaya segera melengkapi dan mengumpulkan program inovasi,” ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan, tujuan utama pembuatan program inovatif bukanlah untuk lomba, tapi untuk memberi pelayanan masyarakat supaya lebih optimal. Untuk menghadapi lomba, dia akan turun menangani perlengkapan program inovasi dari seluruh OPD, sehingga diharap bisa diakui oleh pusat. Dengan pengakuan dari pusat, sambungnya, maka akan didapat Dana Insentif Daerah (DID).

Pada ajang Inovatif Government Awards (IGA) 2021, Klungkung menyiapkan 103 program inovasi. Semua inovasi itu merupakan hasil verifikasi terhadap 245 nama inovasi yang masuk ke Baperlitbang dari tahun 2019-2021, yang dinilai apakah memenuhi syarat diikutkan IGA 2021.

Baca juga :  Duh! Desa Jehem Dikepung Tanah Longsor

Dia juga memerintah Baperlitbang menginventarisir beberapa program inovasi yang telah berjalan seperti Temu Wirasa, Ngaben Massal dan Hidroponik untuk KK Miskin. Ada juga beberapa inovasi yang masih dikembangkan berupa aplikasi pendukung Bimajuara dan aplikasi yang bernama Solusi.

Menghadapi ajang Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) dari Menpan RB, ulasnya, saat ini terdata 14 program inovasi baru. Penginputan proposal inovasi di Sinovik 2021 paling lambat 19 April 2021. Karena itu Suwirta menginstruksi OPD untuk mempercepat penginputan proposal pada Sinovik 2021. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.