Kenalkan Kehidupan Kampus, Unud Gelar PKKMB bagi Mahasiswa Baru 2021

  • Whatsapp
TANGKAPAN layar pembukaan PKKMB Universitas Udayana tahun 2021 yang berlangsung secara daring melalui Aplikasi Webex, Senin (9/8/2021). Foto: ist
TANGKAPAN layar pembukaan PKKMB Universitas Udayana tahun 2021 yang berlangsung secara daring melalui Aplikasi Webex, Senin (9/8/2021). Foto: ist

DENPASAR – Universitas Udayana (Unud) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) bagi mahasiswa baru angkatan 2021 yang berlangsung secara daring melalui Aplikasi Webex, Senin (9/8/2021). Kegiatan ini sebagai upaya universitas agar para mahasiswa baru lebih mudah beradaptasi dengan proses pembelajaran dan kehidupan akademik di Unud.

PKKMB tahun ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan untuk Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Tatanan Era”. PKKMB dibuka oleh Rektor Unud dan dihadiri para pimpinan di lingkungan Unud.

Bacaan Lainnya

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, dalam laporannya selaku Ketua Panitia menyampaikan, peserta PKKMB 2021 berjumlah 5.904 orang yang terbagi dalam 60 gugus, dan setiap gugus terdiri dari kurang lebih 100 orang mahasiswa. Peserta PKKMB merupakan mahasiswa baru hasil seleksi SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, Jalur Mahasiswa Afirmasi Papua/Adik 3T, dan mahasiswa lama yang tidak ikut dan tidak lulus PKKMB tahun 2020. Kriteria kelulusan dalam PKKMB menggunakan beberapa parameter diantaranya kehadiran dalam setiap sesi, keseriusan dalam mengikuti setiap sesi kegiatan, kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu, ketekunan dalam menyimak materi, dan ketaatan terhadap tata tertib.  Para peserta dinyatakan lulus apabila memenuhi keseluruhan kriteria tersebut.

Baca juga :  Pengadaan Vaksin Bertahap dan Berkeadilan Sosial, Gagasan Prioritaskan Bali Sulit Terwujud

”Perlu saya sampaikan bahwa Pengenalan Kehidupan Kampus adalah wajib diikuti oleh mahasiswa baru di Universitas Udayana. Kelulusan PKKMB menjadi prasyarat dalam mengikuti wisuda nantinya. Kepada peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan Sertifikat Tanda Lulus, dan bagi peserta yang belum lulus masih diberikan kesempatan untuk mengikuti PKKMB pada periode berikutnya,” kata Prof. Antara.

Sementara itu, Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) menyampaikan PKKMB merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap awal tahun akademik. Hal ini perlu dilakukan mengingat mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan adaptasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, termasuk proses pembelajaran di perguruan tinggi.“Ditengah pendemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, memaksa kita untuk melaksanakan kegiatan PKKMB secara daring,” ujarnya.

Rektor menjelaskan, banyak mahasiswa baru yang secara psikologis belum siap untuk melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis pada otonomi keilmuan dan kebebasan mengembangkan mimbar akademis.Kesiapan mahasiswa dalam memasuki kehidupan kampus sangat penting oleh karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesuksesan yang bersangkutan dalam menempuh studinya. Melalui kegiatan PKKMB akan diberikan pemahaman tentang berbagai aspek pengetahuan di bidang pendidikan tinggi termasuk sarana-prasarana yang dapat dimanfaatkan serta cara memanfaatkannya.

Materi yang diberikan kepada peserta PKKMB meliputi (1) Memperkuat Nasionalisme Indonesia pada Pendidikan di Universitas Udayana, oleh Ketua Senat Unud Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc; (2) Kebijakan Pendidikan Tinggi Universitas Udayana untuk SDM Kompetitif di Era Industri 4.0 (Implentasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka), oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng; (3) Pengelolaan Sumber Daya Universitas Udayana untuk Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Tatanan Era Baru, oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. I Gusti Bagus Wiksuana, SE.,MS; (4) Kebijakan Bidang Kemahasiswaan, oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. I Made Sudarma, MS; (5) Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH., M.Hum; dan (6) Dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pendidikan di Universitas Udayana dalam Era Revolusi Industri, oleh Ketua USDI Dr. I Nyoman Putra Sastra, ST., MT. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.