Juara Piala Thomas 1958, Tan Joe Hok: Latihan Tak Terarah, Indonesia Sukses Hentikan Dominasi Malaysia

  • Whatsapp
LEGENDA bulutangkis Indonesia,Tan Joe Hok (kedua dari kiri) saat dianugerahi Lifetime Achievement Award atau penghargaan seumur hidup dari KONI Pusat di Jakarta, Jumat (12/11/2021). foto: dok

LEGENDA bulu tangkis Indonesia Tan Joe Hok mengenang kembali kemenangan tim Indonesia saat memboyong Piala Thomas pertama ke Tanah Air pada 1958 silam.

Tan Joe Hok mengatakan bahwa perjalanan merebut Piala Thomas pada eranya dahulu tidak mudah, berbeda dengan zaman sekarang yang persiapan serta latihan para atlet sangat terarah dengan didukung fasilitas lengkap.

Bacaan Lainnya

“Dulu tidak terarah, pokoknya masing-masing daerah bermain untuk hobi untuk membuktikan diri bahwa saya jago dari Jawa Barat. Suatu ketika kami dikumpulkan untuk kejuaraan Indonesia,” ungkap Tan dalam temu media virtual diikuti di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

“PBSI mengatakan kami belum siap, tapi akhirnya bagaimana bisa jadi ikut Thomas Cup, saya tidak tahu. Tiba-tiba disuruh tanding dan dipanggil, dikumpulkan, dan ada lima orang yang sudah dipilih untuk ikut babak penyisihan tahun 1957,” lanjut dia.

Meski kurang persiapan, tim Indonesia pada akhirnya berhasil mengalahkan Selandia Baru dan Australia dalam babak penyisihan untuk melaju ke challenge round di Singapura pada 1958.

“Kami bermain mengalahkan Selandia Baru dan Australia, lalu kembali lagi ke Jakarta. Dulu kami pulang ya masing-masing, kalau sekarang kan ada pusat latihannya. Saya sekolah lagi, yang lain juga enggak tahu pokoknya masing-masing,” kenang Tan, yang dilansir posmerdeka.com dari antaranews.

Setelah dipertemukan kembali bersama lima orang lainnya di Singapura, Tan dan kawan-kawan pada akhirnya sukses memboyong trofi lambang supremasi bulu tangkis beregu putra paling bergengsi itu ke Tanah Air untuk pertama kalinya usai mengalahkan juara bertahan Malaysia di babak final.

Baca juga :  Positif Covid-19 Nasional Bertambah 862, Pasien Sembuh Naik Jadi 18.404 Orang

Kemenangan itu sekaligus menghentikan dominasi Malaysia yang selalu meraih juara Piala Thomas dalam tiga edisi sebelumnya.

“Tidak ada yang menyangka kami bisa menang karena dulu kami juga pergi naik becak, lapangan terbang di Kemayoran kami ingat ke sana naik becak,” kata Tan.


“Setelah pulang, itu lautan manusia penuh. Di situ kami merasakan sangat terharu dengan sambutan itu,” kenang Tan.

Tan Joe Hok merupakan salah satu atlet yang mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga di panggung internasional. Selain berjasa membawa Piala Thomas pertama, pria yang kini berusia 84 tahun itu juga menjadi pebulu tangkis yang sukses meraih gelar All England pertama bagi Indonesia pada 1959 serta medali emas pertama di Asian Games pada 1962. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.