Ini Penyebab Timnas Indonesia Gagal Pertahankan Keunggulan Lawan Singapura

  • Whatsapp
GELANDANG serang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (tengah), Pratama Arhan (kanan), dan Asnawi Mangkualam (kiri) berselebrasi usai menjebol gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2020, di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). foto: antaranews

TIM Nasional (Timnas) Indonesia sempat membuat para suporternya bereuforia ketika sempat lebih dulu unggul 1-0 di babak pertama. Tetapi keunggulan itu gagal dipertahankan, setelah tuan rumah Singapura membuat gol balasan di babak kedua.

Kedua tim pun harus puas berbagi angka 1-1, pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020, yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Dalam konferensi pers virtual setelah pertandingan, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, faktor kelelahan dialami timnya sehingga dapat ditahan imbang Singapura 1-1.

“Pemain kelelahan. Namun ada baiknya letih itu datang saat ini. Kami jadi bisa memberikan istirahat kepada pemain untuk memulihkan tenaga mereka,” ujar Shin

Hal itulah yang membuat Shin memaklumi hasil sama kuat dengan Singapura meski mengaku tidak puas melihat skor akhirnya. Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Indonesia seharusnya bisa mempertahankan keunggulan setelah Witan Sulaeman mencetak gol.

Akan tetapi, keletihan menurunkan intensitas permainan skuat “Garuda” dan membuat Singapura mampu melesakkan gol balasan. Shin pun menegaskan bahwa skuatnya akan memaksimalkan waktu untuk mempersiapkan diri menuju laga leg kedua pada Sabtu (25/12/2021) mendatang.

Baca juga :  Lonjakan Kasus Corona Masih Terjadi, Satgas Minta Jangan Kendor Terapkan 3M

“Kami akan menyiapkan tim dengan baik untuk pertandingan selanjutnya,” tutur Shin, seperti dilansir posmerdeka.com dari antaranews.

Witan Sulaeman juga mengakui bahwa timnya kurang fokus terutama pada paruh kedua laga, di mana gol Singapura tercipta.

“Sebenarnya pertandingan malam ini berjalan cukup baik. Kami menguasai bola pada babak pertama, tetapi kehilangan fokus pada babak kedua. Kami mesti bekerja lebih keras di leg kedua,” kata Witan, yang dinobatkan sebagai pemain terbaik pada laga tersebut.

Tim nasional Indonesia ditahan imbang Singapura dengan skor 1-1 pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Indonesia unggul sejak babak pertama melalui gol Witan Sulaeman (28′), sementara Singapura menyamakan kedudukan pada paruh kedua via sepakan penyerang Ikhsan Fandi (70′).

Indonesia dan Singapura akan kembali bertarung pada leg kedua semifinal yang juga berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021). Leg kedua ini akan menjadi penentuan nasib ketua tim yang berebut tiket final.

Fase gugur Piala AFF 2020 sendiri tak mengenal keunggulan gol tandang. Oleh karena itu, andai leg kedua kembali tuntas dengan hasil seri, maka pertandingan semifinal berlanjut ke babak tambahan 2×15 menit. Jika masih tetap imbang, maka akan dilanjutkan adu penalti. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.