Jokowi Puas Kesiapan Fasilitas MotoGP 2022 di Bandara Lombok

  • Whatsapp
PRESIDEN Jokowi saat tiba di Bandara Lombok didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Zulkieflimansyah saat meninjau fasilitas di bandara setempat. Foto: rul

MATARAM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar pukul 09.45 Wita, Kamis (13/1/2022). Kedatangan Presien didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Presiden berangkat ke Lombok bersama rombongan terbatas, dengan lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 07.00 WIB menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Bacaan Lainnya

“Pak Jokowi diagendakan meninjau sejumlah fasilitas bandara yang akan digunakan para peserta dan penonton MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika,” kata Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

Saat tiba di Bandara Lombok, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah; bersama istrinya, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Jokowi terlihat melihat-lihat fasilitas di bandara Lombok.

Jokowi terlihat puas dengan perbaikan yang dilakukan Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk mendukung acara dan menyambut kedatangan peserta, ofisial, serta penonton MotoGP 2022. “Alhamdulillah, fasilitas Bandara Lombok sudah siap menyambut MotoGP Mandalika 2022,” ujar Presiden.

Sesampainya di pintu kedatangan BIL, Jokowi langsung menunggangi motor custom miliknya yang disiapkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Motor balap modifikasi yang mengusung tema modern klasik itu jadi perhatian masyarakat yang berada di bandara.

Baca juga :  Bersiap Sidang di MK, Tim Mo-Novi Gandeng Yusril Ihza Mahendra

“Motor Pak Jokowi unik dan klasik sekali,” celetuk Faris, salah seorang warga Mataram yang tengah menunggu keluarganya tiba dari Surabaya.

Sambil tersenyum, Jokowi terlihat memberi salam kepada warga yang berada di Bandara Lombok. “Assalamualaikum warga Lombok,” kata Jokowi seraya langsung menunggangi motornya, dan bergegas menuju jalur bypass menuju KEK Mandalika untuk meninjau sejumlah fasilitas pendukung yang ada.

Setelah melihat fasilitas di Sirkuit Mandalika, Jokowi diagendakan meresmikan peluncuran Injourney Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Kemudian menggelar rapat terbatas serta meninjau kawasan UMKM di Bazaar Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Turut mendampingi Jokowi yakni Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; dan Menteri BUMN, Erick Thohir; serta Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sejauh ini, Angkasa Pura I BIL selesai mengembangkan Bandara Lombok. Pengembangan mencakup perluasan terminal penumpang, perluasan apron, perpanjangan landas pacu (apron), dan pengembangan fasilitas kargo.

“Dengan pengalaman menyambut peserta, ofisial, penonton, dan penanganan kargo ajang WSBK 2021, kami yakin penyambutan untuk MotoGP tahun ini dapat berjalan lancar,” jamin Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Senin (10/1/2022).

Lebih jauh diutarakan, saat ini terminal penumpang BIL diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya yang hanya seluas 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.

Baca juga :  Jajaran Polsek Gianyar Jalani Tes Urine

Apron Bandara kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan enam pesawat wide body. Sementara landasan pacunya siap mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777.

Sebagai informasi, landas pacu sepanjang 3.300 meter yang dimiliki Bandara Lombok merupakan landas pacu terpanjang nomor lima di Indonesia.

Selain persiapan konektivitas udara, Angkasa Pura I juga menyiapkan mitigasi risiko untuk antisipasi potensi risiko yang mungkin terjadi dan dapat mempengaruhi kelangsungan MotoGP.

Misalnya kelebihan kapasitas, atau cuaca buruk yang menyebabkan pesawat tidak dapat mendarat. Konsepnya adalah One Day Trip dalam segitiga area Bandara Lombok-Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali-Bandara Juanda, Surabaya.

Angkasa Pura I juga memanfaatkan momen MotoGP 2022 untuk turut mempromosikan UMKM NTB di Bandara Lombok. Caranya dengan kerjasama antara Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTB dengan Angkasa Pura Supports.

“Dukungan layanan logistik dan ritel juga diberikan Angkasa Pura Logistik dan Angkasa Pura Retail sebagai daya dukung untuk Bandara Lombok,” tandas Faik Fahmi. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.