Jamin Tindak Tegas Pelaku, Bawaslu Jembrana Kembalikan Laporan Perusakan Baliho

DIVISI Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliawan. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, JEMBRANA – Bawaslu Jembrana mengembalikan laporan perusakan tiga baliho di Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ke pelapor. Pengembalian dilakukan lantaran belum memenuhi syarat formil, terutama berkaitan dengan jumlah saksi yang disampaikan dan terlapor.

Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliawan, Senin (4/12/2023) mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian awal sesuai dengan mekanisme yang diplenokan terkait pelaporan tersebut.

Bacaan Lainnya

Intinya, Bawaslu menilai laporan yang disampaikan pelapor tersebut belum memenuhi syarat formil, terutama berkaitan dengan jumlah saksi disampaikan dan terlapor. Identitas pelapor dan kesesuaian antara identitas pelapor dengan KTP, juga terkait jumlah saksi yang disampaikan pelapor, masih kurang.

“Pelapor baru menyampaikan satu orang saksi, minimal ada dua saksi untuk memenuhi syarat. Untuk barang bukti masih kami amankan di Panwascam Mendoyo,” terangnya.

Lebih lanjut Pande mengatakan, Bawaslu sangat berharap pihak pelapor segera melengkapi laporan tersebut, agar kasusnya cepat diselesaikan. Satgas Gakkumdu Jembrana juga mengidentifikasi empat anak muda terduga pelaku perusakan baliho.

Namun, belum ada penetapan tersangka karena laporan belum memenuhi syarat formil. “Mudah-mudahan dalam waktu tiga hari ini ada jawaban dari pelapor, sehingga kasus ini bisa kami tuntaskan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan,” harapnya.

Baca juga :  Penuhi Air Minum di Nusa Penida, Klungkung Pinjam Dana

Pande juga mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan kasus perusakan baliho di Desa Pohsanten. Pun menjamin akan menindak tegas pelaku perusakan sesuai ketentuan yang ada.

“Kami akan menindaklanjuti kasus ini secara profesional dan transparan. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan kejadian ini,” ajaknya menandaskan. man

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.