Hadiri Lokasaba VI MGPSSR di Tabanan, Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Motivasi Pribadi

  • Whatsapp
BUPATI Giri Prasta saat menghadiri Lokasaba VII MGPSSR Kabupaten Tabanan di Taman Satwa Tabanan, Sabtu (5/6/2021). Foto: ist
BUPATI Giri Prasta saat menghadiri Lokasaba VII MGPSSR Kabupaten Tabanan di Taman Satwa Tabanan, Sabtu (5/6/2021). Foto: ist

TABANAN – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali melakukan anjangsana ke Kabupaten Tabanan untuk menghadiri Lokasaba VII MGPSSR Kabupaten Tabanan, di Taman Satwa Tabanan, Sabtu (5/6/2021).

Dalam lokasaba yang dibuka Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, itu Giri Prasta juga menyerahkan dana motivasi secara pribadi kepada pengurus MGPSSR Kabupaten Tabanan. Bupati Giri Prasta menyampaikan, merupakan sebuah kewajiban bagi pihaknya selaku Ketua MGPSSR Provinsi Bali untuk melakukan anjangsana menghadiri acara lokasaba di seluruh kabupaten/kota yang ada di Bali.

Bacaan Lainnya

Dikatakan bahwa menjadi sebuah kewajiban bagi Giri Prasta untuk mengingatkan semeton Pasek agar selalu eling pada jati diri dalam melaksanakan Catur Swadarmaning Kepasekan dan sesana Kepasekan.

“Saya dan semeton pasek lainnya merupakan keluarga besar satu darah, mari kita sebagai keluarga besar MGPSSR membangun persaudaraan yang kuat, bersatu membangun bali seutuhnya dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya. Yang dulu ada hal tidak baik kita tinggalkan, yang baik kita pertahankan, kita kuatkan dan kita lestarikan, yang sekarang kita lakukan dengan baik dan yang ke depan kita sempurnakan,” ujarnya.

Baca juga :  Pemangku Diimbau Tidak Kontak dengan Pamedek

Pada kesempatan itu, Giri Prasta juga mengajak semeton Pasek untuk menunjukkan jati diri dengan mengedepankan rasa bakti ring Ida Hyang Widhi Wasa, bakti ring kawitan, tindih ring bhisama dan guyub ring semeton. Kenapa seperti itu, karena menurut Giri Prasta semeton Pasek itu saling sumbah, saling parid dan mesidikara.

“Saling sumbah karena satu Hyang Kawitan. Masidikara artinya duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Dan saling parid, satu gelas kopi bisa berbagi, itulah Pasek sujati,” ucapnya seraya menambahkan pihaknya ingin membenahi dan meluruskan pemahaman kepasekan yang ada di Bali.

Terkait dengan Lokasaba, disebutkan Giri Prasta kepada pengurus MGPSSR Tabanan, diminta membuat big data dengan melakukan pendataan terhadap keberadaan dadia, sulinggih Pasek dan semeton Pasek di seluruh kecamatan yang ada di Tabanan. “Kami siap mensuport dengan memberikan dana operasional tiap 3 bulan, saya mau tidak adalagi friksi dan faksi dalam urusan mahagotra, saya siap mengurusi saudara sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, mewakili Pemkab Tabanan sangat senang dan gembira bisa hadir dalam lokasaba VI MGPSSR Tabanan. Karena acara hari ini termasuk dalam pogram 5 tahunan, dan apabila bisa dilaksanakan sesuai dengan rencana maka pogram organisasi berjalan sehat dan lancar.

“Saat ini masih ada dalam pandemi, banyak sekali permasalahan dan persoalan yang muncul yang harus ditanggulangi. Dampak yang ditimbulkan sangat luar biasa baik terhadap masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi di Tabanan ini,” ujarnya.

Baca juga :  Bangun Jalur Kereta Api di Sumbawa, DPRD NTB Minta Dishub Siapkan Renstra

Oleh sebab itu, pihaknya ingin kepada seluruh semeton MGPSSR Tabanan dapat berpatisipasi aktif memberikan sumbangan pemikirin dan pendekatan yang konstruntif dalam memajukan kabupaten Tabanan sehingga masa-masa sulit bisa dilalui bersama-sama. nas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.