Gerindra Perjuangkan Nusa Penida Jadi Zona Hijau

  • Whatsapp
KETUA Fraksi Gerindra DPRD Bali, Ketut Juliarta. Foto: hen
KETUA Fraksi Gerindra DPRD Bali, Ketut Juliarta. Foto: hen

DENPASAR – Ada tiga daerah di Bali yakni Nusa Dua (Badung), Sanur (Denpasar), dan Ubud (Gianyar) yang akan dijadikan zona hijau untuk menyambut uji coba pariwisata Bali. Namun, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali, Ketut Juliarta, menambah satu daerah lagi untuk jadi zona hijau yakni Nusa Penida di Kabupaten Klungkung. Dia menyodorkan kawasan pariwisata kepulauan itu kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat pertemuan di Sanur, Sabtu (20/3/2021) malam.

Juliarta mendaku pertemuan dengan Sandiaga Uno sebenarnya tidak masuk dalam agenda, karena sebelumnya ada acara partai dengan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Usai acara internal partai, Muzani mengajak dia dan sesama Fraksi Gerindra DPRD Bali bertemu Sandiaga untuk membincang pariwisata Bali. “Pada pertemuan itu kami membahas pariwisata Bali, salah satunya Nusa Penida, bersama Pak Menteri Sandiaga,” kata Juliarta, Minggu (21/3/2021).

Bacaan Lainnya

Alasan menyodorkan Nusa Penida untuk ikut dijadikan zona hijau, ulasnya, karena saat ini Nusa Penida menjadi penyumbang pendapatan asli daerah terbesar untuk Klungkung dari sektor pariwisata. Bila Nusa Penida dibuat aman dikunjungi wisatawan, ekonomi Klungkung juga bisa berdegup lebih kencang. Hanya, Juliarta mengakui saat itu tidak ada hal konkret yang diajukan ke Sandiaga meski momentumnya bagus.

Baca juga :  Soal SE Endek, Fraksi PDIP Bentengi Gubernur, Tujuan Lindungi Perajin, Jamin Tak Ada Paksaan

“Pada prinsipnya kami hanya minta Nusa Penida dapat dibuat zona hijau untuk pariwisata, karena kriteria zona hijau itu seperti apa kami juga tidak tahu. Semoga saja permintaan kami bisa dipenuhi, karena itu akan berdampak baik bagi masyarakat Klungkung secara umum dan Nusa Penida khususnya,” terang ketua fraksi termuda di DPRD Bali itu.

Menurut Juliarta, Sandiaga menyinggung proyek Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung yang disebut program besar dan dapat menggairahkan pariwisata jika selesai kelak. Soal Nusa Penida, imbuhnya, Sandiaga mengaku ingin diagendakan ke sana karena belum pernah berkunjung. “Semoga Pak Menteri bisa tahu bagaimana pesona dan potensi Nusa Penida untuk pariwisata, sehingga memuluskan jika dapat dibuat zona hijau nanti dan jadi prioritas pemulihan pariwisata di Bali, apapun programnya. Dengan begitu, ribuan masyarakat yang bergantung dari pariwisata Nusa Penida bisa bekerja kembali,” urainya menandaskan. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.