Geledah Sel Tahanan, Ini yang Dilakukan Petugas Lapas

  • Whatsapp
PETUGAS saat melakukan pemeriksaan sel tahanan yang dihuni warga binaan di Rutan Negara, Jembrana, Rabu (8/12/2021). Foto: ist

JEMBRANA – Petugas dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana melaksanakan penggeledahan di sel-sel yang dihuni warga binaan permasyarakatan (WBP), Rabu (8/12/2021).

Petugas juga sekaligus melakukan edukasi rutin kepada WBP untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kepala Rutan Kelas II B Negara, Bambang Hendra Setyawan; didampingi Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan,I Nyoman Tulus Sedeng, mengatakan, penggeledahan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan petugas untuk memeriksa seluruh blok dan sel/kamar tahanan.

Kegiatan ini, tambahnya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam rutan. “Kegiatan ini terus dilakukan secara rutin dalam mendukung Rutan Negara zero halinar dan menciptakan lingkungan rutan yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Pelaksanaan penggeledahan tersebut diawali dengan pengarahan dari Kepala Pengamanan Rutan terkait mekanisme penggeledahan yang akan dilakukan. Dalam pengeledahan tersebut, petugas mendapati sejumlah barang yang tidak seharusnya ada dalam sel tahanan seperti kartu remi, sendok besi, dan gelas kaca.

Setelah melaksanakan pemeriksaan tersebut, petugas langsung melakukan pemusnahan tehadap barang sitaan. Selanjutnya barang sitaan itu dibuatkan berita acara penggeledahan dan berita acara pemusnahan.

Baca juga :  Dirut BPJS Kesehatan Apresiasi Layanan Mobile JKN di RSU Puri Raharja

Hendra Setyawan melanjutkan, untuk pencegahan Covid-19 di Rutan Negara menerapkan prokes ketat. “Kita terapkan prokes ketat dengan PeduliLindungi. WBP dan petugas Rutan juga sudah divaksin. Kami berharap agar semua WBP selalu sehat, demikian juga petugas,” tegasnya.

Dia mengatakan, Rutan Negara akan terus berkomitmen dan berupaya melakukan deteksi dini demi keamanan dan ketertiban Rutan Negara. man/rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.