Gelar Gertak Kebersihan Lingkungan, Cara Jitu Desa Penatih Dangin Puri Putus Penularan Covid-19 dan Cegah DBD

  • Whatsapp
PERBEKEL I Wayan Kamar (kiri), memantau pelaksanaan gerakan serentak (Gertak) kebersihan lingkungan dan lomba PSN di Desa Penatih Dangin Puri, Minggu (16/5/2021). Foto: tra
PERBEKEL I Wayan Kamar (kiri), memantau pelaksanaan gerakan serentak (Gertak) kebersihan lingkungan dan lomba PSN di Desa Penatih Dangin Puri, Minggu (16/5/2021). Foto: tra

DENPASAR – Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan program prioritas jangka pendek Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota, I Kadek Agus Arya Wibawa, di antaranya percepatan penanganan Covid-19, Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Minggu (16/5/2021) menyelenggarakan gerakan serentak kebersihan lingkungan (Gertak) kebersihan lingkungan dan lomba pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kegiatan melibatkan seluruh banjar se-Desa Penatih Dangin Puri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Perbekel Desa Penatih Dangin Puri, I Wayan Kamar, mengatakan, salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang termaktub dalam protokol kesehatan di masa pandemi adalah hidup bersih. Hal itulah yang melatarbelakangi diselenggarakannya gertak kebersihan lingkungan dan lomba PSN agar terus terjaga kebersihan, disamping juga akan tercipta keindahan.

Bacaan Lainnya

Wayan Kamar mendaku bersyukur, Desa Penatih Dangin Puri sampai saat ini masih zona hijau Covid-19. ‘’Astungkara, Desa Penatih Dangin Puri sampai saat ini masuk dalam zona hijau. Ini mungkin karena kami bersama masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan dan taat menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Semoga desa kami selamanya aman dan terbebas dari Covid-19,’’ ucap Wayan Kamar.

Baca juga :  Disdikpora Denpasar Kaji Pembelajaran Tatap Muka Mulai Januari 2021

Dikatakan Wayan Kamar, bersih-bersih merupakan hal yang sederhana, namun menurutnya, jika diabaikan akan menjadi sumber bibit penyakit. Gertak kebersihan lingkungan ini, sambung Wayan Kamar, adalah tindak pencegahan lebih efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan mencegah demam berdarah dengue (DBD).

‘’Urusan bersih-bersih ini memang sederhana, namun jika warga mengabaikan, ini yang kerap menjadi bibit penyakit. Apalagi saat ini kita menghadapi wabah Covid-19. Untuk itu, kami berharap bisa terus konsisten dalam menjaga keberihan lingkungan, dan kami juga berharap warga lebih peduli terhadap kebersihan yang dimulai dari rumah tangga sendiri,” serunya.

Untuk itu, tegas Wayan Kamar, perlu kesadaran dari masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama tempat-tempat genangan air dengan melakukan 3M plus yakni menutup, menguras, mengubur, dan berprilaku hidup bersih dan sehat. “Kegiatan gertak kebersihan lingkungan dan lomba PSN lebih efektif karena langsung membunuh jentiknya, dibanding fogging hanya dapat membunuh nyamuk dewasa,” terangnya. Selanjutnya, Wayan Kamar juga mengapresisi kerja sama masyarakat yang telah peduli terhadap kebersihan lingkungan sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19. ‘’Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Desa Penatih Dangin Puri atas kerja sama selama ini dalam penanggulangan Covid-19, baik dalam menjaga kebersihan lingkungan maupun yang selalu aktif di Satgas Covid-19. Karena desa merupakan garda terdepan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19,’’ pungkasnya. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.