Duta Besar Kanada Kunjungi Nusa Penida

  • Whatsapp
DUTA Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron Mackay, didampingi Bupati Suwirta saat mengunjungi Kecamatan Nusa Penida, Senin (29/3/2021). foto: ist

KLUNGKUNG – Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron Mackay, mengunjungi Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Senin (29/3/2021).

Kehadiran Cameron bersama Kepala Divisi Kerjasama Pembangunan Kedutaan Kanada, Sherry Hornung; ini disambut Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta; bersama Ketua TP PKK, Ayu Suwirta; dan Camat Nusa Penida, Komang Widyasa Putra.

Bacaan Lainnya

Menurut Suwirta, berkat status KPPN yang diperjuangan di pusat, akhirnya bantuan dan kerjasama dengan Pemerintah Kanada diperoleh. Hal itu mendorong diselenggarakan pelatihan pembuatan produk turunan di Nusa Penida.

Nusa Penida dipilih, karena kecamatan ini merupakan titik ungkit pembangunan di Klungkung. “Pariwisata berkembang, tapi sektor lain juga harus ikut berkembang. Karena jika pariwisata lesu, maka sektor lain masih tetap ada,” ujar Suwirta.

Kunjungan Cameron diawali dengan meninjau kebun singkong warga di wilayah Banjar Sental. Di tempat ini Cameron diajak mencoba memanen singkong, dan mencicipi produk olahan singkong seperti tape dan keripik karya ibu-ibu KWT.

Dipamerkan pula sejumlah produk olahan turunan dari mangga, kelapa dan lain lain. Setelah itu, mengunjungi lokasi budidaya rumput laut di Banjar Nyuh, Desa Ped. Terakhir dilanjutkan dengan diskusi kelompok terarah dengan para peserta pelatihan.

Baca juga :  DPRD Bali Batalkan Lelang Pakaian Dinas

Pelatihan pengolahan produk turunan dari rumput laut, mangga, kelapa dan singkong, (Rumah Keong) bantuan dari Pemerintah Kanada selesai dilaksanakan.

Suwirta menyebut akan terus memantau perkembangan dari peserta usai mengikuti pelatihan. Dia juga sangat berharap outputdari pelatihan akan dapat memberi kesejahteraan kepada pesertanya. Pihaknya juga akan memastikan produk hasil dari pelatihan ini masuk pasar.

Jika masih dibutuhkan anggaran untuk peningkatan produk, pemerintah akan turut hadir, terutama dalam hal pemasaran. Peran para perbekel juga diharap dalam pengajuan permohonan bantuan untuk para UMKM di desa.

Kepada Duta Besar Cameron, Suwirta berharap bisa ikut membangun Klungkung. Meski kunjungan kali ini berlangsung singkat, dia menaruh harap Klungkung bisa menjadi kota kembar dari Pemerintah Kanada. Pun akan lebih banyak datang warga Kanada berkunjung ke Nusa Penida jika situasi kembali normal.

Cameron memaparkan, Kanada merupakan teman dekat Bangsa Indonesia dari dulu dan mendukung kemerdekaan Indonesia. Sejak saat itu pula terjalin kerjasama selama bertahun-tahun. Dia turut berharap bisa lebih banyak belajar dan bekerja sama dengan Kabupaten Klungkung. Apalagi dia mendaku terkesan dengan berbagai produk olahan yang dihasilkan para peserta pelatihan, termasuk kain tenun tradisional khas Nusa Penida.

Sebelum pandemi, ujarnya, banyak kerjasama terjalin antara kedua negara. Bahkan ratusan ribu warga Kanada berkunjung ke Indonesia dan sebagian besar ke Bali, tapi Covid-19 mengubah segalanya.

Baca juga :  Gede Dana Hadiri Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan HIV/AIDS

“Kami berharap situasi akan bisa kembali seperti semula. Indonesia, Bali dan Nusa Penida khususnya akan menjadi ekonomi yang tangguh melalui kerjasama kedua belah pihak. Terima kasih karena bisa belajar banyak dari perjalanan hari ini,” ucapnya yang juga sempat mengunjungi Pantai Kelingking. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.