Dua KK di Karangasem Daftar Program Transmigrasi, Ini Alasannya

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, I Nyoman Suradnya. Foto: ist

KARANGASEM – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Karangasem mencatat ada dua Kepala Keluarga (KK) di Karangasem mendaftarkan diri untuk mengikuti program transmigrasi dari pemerintah.

Mereka berasal dari wilayah Kecamatan Sidemen dan Kecamatan Selat. Alasan transmigrasi yakni untuk mengubah nasib, karena di tempat tinggal saat ini tidak memiliki lahan untuk digarap.

Bacaan Lainnya

“Ada dua KK yang mendaftar, dari Sidemen dan Selat. Alasan mereka ikut program transmigrasi karena ingin mengubah nasib, selain itu di sini mereka juga tidak memiliki lahan untuk digarap,” terang Kepala Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, I Nyoman Suradnya, Rabu (24/11/2021).

Lanjut dikatakan, untuk program transmigrasi itu, Provinsi Bali mendapat jatah sebanyak 10 KK. 10 KK tersebut akan dibagi ke masing-masing kabupaten di Bali yang punya warga ingin mendaftar untuk mengikuti.

Sebelum diberangkatkan, Disnaker biasanya melakukan survei terlebih dahulu ke lokasi tujuan program transmigrasi tersebut. Tujuannya untuk memastikan daerah yang dituju cocok untuk ditinggali, setelah itu baru Disnaker menyosialisasikan ke warga.

Suadnya menegaskan tidak mendorong warga untuk transmigrasi, dan sebisa mungkin mereka agar bisa tetap tinggal. Disnaker memberi program pelatihan keterampilan, sehingga mereka bisa mencari pekerjaan atau membuat usaha sendiri.

Baca juga :  Mei, Film “Pan Balang Tamak” Tayang Perdana di Dharma Negara Alaya

“Kami tidak mendorong agar warga ikut program transmigrasi, kami bantu dengan program pelatihan keterampilan yang ada di Disnaker,” lugasnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.