DPRD Karangasem Tandatangani Nota Tentang KUA dan PPAS 2022

  • Whatsapp
BUPATI Karangasem, I Gede Dana, dan Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika, menandatanganan Nota Kesepakatan antara Bupati dengan Pimpinan DPRD tentang KUA dan PPAS 2022 pada sidang paripurna DPRD Karangasem, Senin (16/8/2021). Foto: ist
BUPATI Karangasem, I Gede Dana, dan Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika, menandatanganan Nota Kesepakatan antara Bupati dengan Pimpinan DPRD tentang KUA dan PPAS 2022 pada sidang paripurna DPRD Karangasem, Senin (16/8/2021). Foto: ist

KARANGASEM – DPRD Karangasem menggelar sidang paripurna, Senin (16/8/2021) dipimpin Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika. Sidang dihadiri Bupati Karangasem, I Gede Dana; Sekda I Ketut Sedana Merta, dan pimpinan AKD. Anggota DPRD yang lain serta kepala OPD di Pemkab Karangasem mengikuti secara virtual.

Suastika sebelum membacakan agenda sidang terlebih dahulu mengucapkan “Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh Bangkit untuk Menjadi Bangsa Yang Kuat, Jayalah Negeriku”. Agenda sidang yakni laporan Badan Anggaran (Banggar), penandatanganan Nota Kesepakatan antara Bupati dengan Pimpinan DPRD tentang KUA dan PPAS 2022, disusul penyampaian materi KUA dan PPAS 2021 dan pidato pengantar dan pendapat akhir Bupati. 

Bacaan Lainnya

Sebelum penandatangan nota kesepakatan, diawali penyampaian laporan Banggar oleh I Wayan Sunarta. Dalam rangka menyusun APBD 2022, sebelumnya disusun KUA dan PPAS 2022 yang disepakati bersama antara DPRD dengan eksekutif. Kesepakatan itu akan dijadikan dasar dalam penyusunan RAPBD 2022 nanti.

Mengingat pentingnya arti KUA dan PPAS ini, dan berdasarkan pembahasan oleh Banggar dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem beberapa lalu, disepakati pendapatan daerah senilai Rp1,715 triliun lebih, sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp265,338 miliar lebih. Sesuai rancangan KUA dan PPAS 2022, Belanja Daerah direncanakan Rp1,762 triliun lebih. Penyampaian materi KUA dan PPAS 2021 oleh Bupati disampaikan kepada Ketua DPRD. 

Baca juga :  SDN 4 Songan Rusak Berat, Siswa Belajar di Luar Ruangan

Bupati Gede Dana dalam pidato pengantarnya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Karangasem, yang bersama-sama mengikuti serangkaian proses pembahasan rancangan KUA dan PPAS 2022 dari awal sampai ditandatanganinya Nota Kesepakatan KUA dan PPAS. Kata dia, penyusunan dan pembahasan Rancangan KUA dan PPAS 2022 dilakukan saat kita disibukkan penanganan pandemi Covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, mewabahnya pandemi Covid-19 memberi dampak yang sangat besar terhadap kehidupan sosial dan ekonomi,” terangnya.

KUA dan PPAS yang disepakati, sambungnya, akan menjadi pedoman bagi SKPD dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran SKPD. Rencana Kerja dan Anggaran SKPD disusun sebagai bahan penyusunan rancangan Perda Daerah tentang APBD 2022. “Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Semoga kita dapat melanjutkan semangat para pendahulu kita mengisi kemerdekaan, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,” ajaknya menandaskan. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.