DPRD Karangasem Setujui Ranwal RPJMD Semesta Berencana

  • Whatsapp
BUPATI I Gede Dana menandatangani dokumen Ranwal RPJMD pada sidang paripurna paripurna DPRD Karangasem, Selasa (4/5/2021). Foto: ist
BUPATI I Gede Dana menandatangani dokumen Ranwal RPJMD pada sidang paripurna paripurna DPRD Karangasem, Selasa (4/5/2021). Foto: ist

KARANGASEM – Seluruh fraksi yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Catur Warna dan Fraksi Nawa Satya Partai Nasdem, menerima Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem tahun 2021-2026 untuk diproses ke tahapan selanjutnya, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pendapat akhir seluruh fraksi itu tertuang dalam laporan gabungan komisi pada sidang paripurna DPRD Karangasem, Selasa (4/5/2021). Di dalamnya terdapat akumulasi pendapat akhir seluruh fraksi terhadap Ranwal  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana yang dibacakan I Komang Dwi Purwa Adi Susila.

Bacaan Lainnya

Sidang Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD, I Wayan Suastika, dan dihadiri Bupati I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta. Turut hadir kepala OPD di Pemkab Karangasem. Sidang berisi agenda penyampaian laporan gabungan komisi, pengambilan keputusan Dewan terhadap Ranwal RPJMD, dan pendapat akhir Bupati. 

Dalam laporan gabungan komisi diuraikan, seluruh fraksi menerima Ranwal RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem tahun 2021-2026. Sebelumnya Ranwal RPJMD disampaikan Bupati pada 24 April, dan telah melalui proses pembahasan bersama antara legislatif dan eksekutif. 

Adi Purwa mengatakan, Ranwal RPJMD merupakan penjabaran visi, misi, dan program Bupati yang memuat strategi, kebijakan umum, program perangkat daerah dan lintas perangkat serta kerangka ekonomi makro yang bersifat indikatif lima tahun mendatang untuk menentukan arah pembangunan daerah.  Dengan mendasarkan dari data kondisi riil dan proyeksi ke depan, dapat memudahkan aparatur pemerintah daerah dan DPRD untuk memahami serta menilai arah kebijakan dan program dalam kegiatan tahunan daerah. 

Baca juga :  Pemerintah Luncurkan Situs Resmi Informasi COVID-19

Dengan begitu, sambungnya, RPJMD berfungsi sebagai pedoman bagi perangkat daerah untuk menyusun kebijakan strategis, menyusun RKPD, dan menjadi acuan dasar bagi pengendalian dan evaluasi pelaksanaan RPJMD. Di samping itu juga berfungsi membuka akses bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Posisi RPJMD dalam pembangunan daerah, ulasnya, dalam penyusunan dan pembahasannya harus dilakukan dengan normatif, partisipatif, dan penuh kesungguhan. “Ini agar memastikan visi, misi dan program bisa diwujudkan dan dilaksanakan Saudara Bupati dan jajarannya,” ucap Purwa. 

Dalam pengantar akhir, Bupati Dana mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD yang meluangkan waktu dan tenaga untuk pembahasan Ranwal RPJM tersebut. “Dokumen Ranwal RPJMD ini menjadi langkah awal kita dalam mewujudkan Kabupaten Karangasem yang PradnyanKerthaShanti dan Nadi,” ulasnya. 

Setelah mendapat pembahasan dan nota kesepakatan, Iebih Ianjut Ranwal RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem tahun 2021-2026 akan dikonsultasikan kepada Gubemur. Tujuannya untuk memperoleh masukan dan rekomendasi sebagaimana diamanatkan Pasal 52 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.