DPRD Gianyar Akan Tambah Lima Kursi, Bupati Mahayastra Janji Dukung Anggaran

  • Whatsapp
SOSIALISASI Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak di Kabupaten Gianyar, Kamis (23/12/2021). Foto: adi
SOSIALISASI Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak di Kabupaten Gianyar, Kamis (23/12/2021). Foto: adi

GIANYAR – Memastikan tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berjalan baik, Pemkab Gianyar menginisiasi sosialisasi pelaksanaan persiapan Pemilu dan Pilkada, Kamis (23/12/2021) di ruang sidang kantor Bupati Gianyar. Sosialisasi dibuka Bupati I Made Mahayastra dengan menghadirkan tiga narasumber, yakni Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan; Ketua KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna; dan Kepala Dinas Dukcapil Gianyar, Cokorda Gde Agusnawa.

Mahayastra menilai sosialisasi ini sangat penting, karena sangat menentukan kesuksesan Pemilu nanti. “Masyarakat Gianyar mengalami banyak perubahan, terutama dari jumlah penduduk. Jumlah penduduk meningkat, sehingga keterwakilan masyarakat di DPRD Gianyar perlu ditambah,” ucapnya. 

Bacaan Lainnya

Terkait daerah pemilihan (dapil), Mahayastra mengusulkan ke KPU agar dapil di Gianyar bertambah menjadi enam dari lima sebelumnya. Dia usul memisahkan Kecamatan Blahbatuh dan Kecamatan Tampaksiring menjadi dapil tersendiri. Saat ini Blahbatuh dan Tampaksiring menjadi satu yakni Dapil II. Alasannya, antara ujung Tampaksiring bagian utara jaraknya sangat jauh dengan ujung selatan Blahbatuh.

“Kapan masyarakat Tampaksiring yang berada di perbatasan Kintamani itu bisa bertemu dengan wakilnya yang berasal dari Keramas misalnya? Itu sangat jauh, jadi saya harap KPU bisa memekarkan dapil di Gianyar,” harapnya, sembari berjanji siap mendukung dengan anggaran ketika ada penambahan alokasi kursi di DPRD.

Baca juga :  Terjangkit Covid-19, Wiku Adisasmito Serukan Disiplin Protokol Kesehatan

Dalam materinya, Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan peraturan perundang-undangan pelaksanaan Pemilu Serentak. Dia berujar Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif akan dilaksanakan pada Februari 2024, dan Pilkada digelar pada November tahun yang sama. Terkait pemekaran dapil sesuai permintaan Bupati Mahayastra, dia berjanji akan dikaji lebih lanjut.

Kepada partai politik, dia mengingatkan ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, bagaimana KPU menggunakan sistem informasi manajemen (Sipol, Silon, Silog, Sidapil, Sidalih, Sirekap); kedua, penyederhanaan surat suara agar efektif dan efisien pada Pemilu 2024.

Merujuk UU Nomor 7/2017, sambung Agus Tirta Suguna, terdapat tujuh prinsip penataan dapil yang menjadi pedoman penataan dan penyusunan daerah pemilihan. Terkait pemekaran dapil, dia berujar akan mengusulkan ke KPU Provinsi, selanjutnya disampaikan ke KPU RI. Namun, sebelumnya harus melakukan koordinasi dengan Komisi II DPRD dan mendapat persetujuan.

Dengan jumlah penduduk per September 2021 sebanyak 501.317 jiwa, jelasnya, KPU Gianyar memastikan penambahan kursi di DPRD Gianyar bisa dilakukan dari 40 kursi saat ini menjadi 45 kursi. “Penambahan jumlah kursi yakin bisa dilakukan, karena data jumlah penduduk Disdukcapil Gianyar sama dengan data Pemprov dan data Kemendagri,” tegasnya.

Lebih jauh disampaikan, penentuan jumlah kursi berdasarkan DAK 2 atau data agregat kependudukan per kecamatan. Sementara penataan dapil berdasarkan usulan, yang didahului dengan kajian serta uji publik. “Di KPU tidak ada kesepakatan, untuk jumlah kursi dan penataan dapil berdasarkan jumlah penduduk,” terangnya.

Baca juga :  Timnas vs Bali United, Shin akan Turunkan Pemain Berbeda

Cokorda Gde Agusnawa dalam materinya memaparkan jumlah dan komposisi penduduk di Gianyar terbaru. Pemutakhiran data jumlah riil penduduk dilakukan Dukcapil dengan melakukan sistem jemput bola yang dinamakan Sibola. Dengan begitu data kelahiran, kematian, pernikahan yang terjadi di masyarakat dapat dimutakhirkan langsung. Hal ini penting, lugasnya, karena terkait dengan penguatan data jumlah penduduk dan pemutakhiran jumlah pemilih yang dilakukan KPU.

Dalam sosialisasi tersebut hadir pula Forkopimda, Forum Perbekel, panglingsir puri, FKUB, serta perwakilan parpol. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.