Dorong Pengembangan UMKM dan Pengelola Kawasan Besakih, Kantor Pelayanan Kas Besakih Bank BPD Bali Diresmikan

BANK BPD Bali Kantor Cabang Karangasem meresmikan Kantor Pelayanan Kas (KPK) di Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Karangasem, bertepatan pada Purnama Sasih Kaenem, Senin (27/11/2023). Foto: ist

POSMERDEKA.COM, KARANGASEM – Bank BPD Bali Kantor Cabang Karangasem membuka secara resmi Kantor Pelayanan Kas (KPK) di Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Karangasem, pada Purnama Sasih Kaenem, Senin (27/11/2023).

Peresmian dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma; didampingi Kepala Badan Pengelola Kawasan Suci Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta.

Bacaan Lainnya

Selain untuk mendekatkan layanan kepada nasabah, juga bertujuan untuk memudahkan para UMKM, pemedek dan wisatawan dalam bertransaksi. Apalagi kawasan Pura Agung Besakih ini, merupakan suatu ikon pariwisata dunia yang berbudaya yang didukung dengan fasilitas yang mumpuni.

Untuk itulah kehadiran Kantor Layanan Kas Bank BPD Bali bisa berkaloborasi dengan para UMKM di kawasan Pura Agung Besakih, sekaligus mendukung pariwisata budaya serta meningkatkan kapasitas bisnis masyarakat.

‘’Kantor Kas ini diresmikan di rahina Purnama Sasih Kaenem di kawasan Suci Pura Besakih, agar lebih metaksu untuk meningkatkan perkonomian pariwisata budaya, melalui pengembangan UMKM,’’ ujar Nyoman Sudharma, seraya berharap melalui layanan Kantor Kas Bank BPD Bali ini, ia berharap bisa lebih mensejahterakan masyarakat sekitar kawasan Pura Agung Besakih.

‘’Kawasan Besakih, merupakan kawasan pertanian, dan peternakan, maka dari itu kami terus berkomitmen akan membantu mengembangkan perekonomian melalui KUR, terbukti dari platform yang hampir Rp1,728 triliun sampai dengan minggu kemarin sudah terealisasi hampir 97 persen,’’ jelasnya.

Baca juga :  Tetap Produktif di Masa Pandemi, Sekaa Teruna Pameran Tapel, Sketsa, dan Ogoh-ogoh Mini

Ia menambahkan, Bank BPD Bali berupaya memajukan kawasan Pura Agung Besakih yang berbasis perekonomian digital. Seperti dengan mengahadirkan layanan QRIS Cross Border untuk wisatawan Thailand, Malaysia dan Singapura yang bisa langsung bertransaksi secara nontunai.

Dijelaskan para wisatawan asing tersebut, juga bisa bertransaksi dengan menggunakan QRIS Cross Border Bank BPD Bali di masing-masing merchant, sehingga tidak perlu lagi menukarkan uang Rupiah ke mata uang lainnya.

‘’Karena dengan QRIS Cross Border setiap nominal transaksi yang dilakukan akan dikonversikan otomatis dengan kurs yang ditetapkan pemerintah Indonesia,’’ paparnya.

Sementara itu, Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa, mengatakan, keberadaan Kantor Pelayanan Kas di kawasan Pura Agung Besakih sebagai perpanjangan tangan dari Bank BPD Bali Cabang Karangasem, dan Cabang Pembantu Menanga yang sudah banyak membantu pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Rendang.

“Kami sangat berharap dengan semakin dekatnya kantor pelayanan kas yang diresmikan ini, akan semakin mempermudah nasabah dalam rangka mengakses permodalan atau layanan yang ada di Bank BPD Bali,’’ pungkasnya.

Selain meresmikan Kantor Pelayanan Kas Bank BPD Bali di kawasan Pura Agung Besakih, saat itu Bank BPD Bali juga menjalin kerja sama dengan Badan Pengelola Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Kerja sama ini berjalan untuk pembayaran gaji karyawan, pecalang, termasuk petugas kebersihan bisa dilakukan melalui Bank BPD Bali.

Baca juga :  Hati hati..., Orang Meninggal Mendadak Akibat Gerd

Bahkan ke depan pembayaran digitalisasi pembayaran parkir secara nontunai akan ditampung oleh Bank BPD Bali. ‘’Kerja sama terkait gaji karyawan, pecalang dan petugas kebersihan sudah seratus persen melalui Bank BPD Bali,’’ ujar I Gusti Lanang Muliarta, selaku Kepala Badan Pengelola Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

Ia mengatakan melalui kerja sama dengan Bank BPD Bali telah memberi perubahan yang signifikan, khusus untuk pelayanan. Salah satunya dengan melakukan transaksi yang sebelumnya secara manual, sekarang lebih mengedepankan menggunakan teknologi.

Salah satu kerja sama untuk sistem penggajian karyawan, pecalang dan petugas kebersihan, sistem penggajian yang dilakukan sudah seratus persen melalui Bank BPD Bali dengan teknologi yang juga dimiliki Bank BPD Bali. ‘’Untuk pengelolaan parkir masih kami diskusikan. Yang pasti sistem yang ada memang milik pihak ketiga, tapi uang yang ada tetap masuk ke Bank BPD Bali,’’ tegasnya.

Ditambahkan, sejatinya kerja sama dengan Bank BPD Bali untuk membantu perekonomian masyarakat di kawasan Pura Agung Besakih, terutama melalui UMKM. Disadari untuk men-suport pengembangan UMKM harus melalui peran serta dan sinergi bersama pihak perbankan, yaitu Bank BPD Bali.

‘’Saya sangat mengapresiasi support Bank BPD Bali, khusus BPD Bali Cabang Karangasem dalam membantu para UMKM di Kawasan Besakih ini,’’ tegasnya. nan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.