Disparbud Matangkan Branding Pariwisata Bangli

  • Whatsapp
KADISPARBUD Kabupaten Bangli, Wayan Sugiarta. Foto: ist

BANGLI – Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) Bangli kini tengah serius mematangkan branding kepariwisataan Bangli. Sesuai hasil diskusi grup terarah atau Focus Group Discussion (FGD) di Toya Devasya, Selasa (30/11/2021), branding kepariwisataan Bangli mengerucut kepada tiga rumusan. Demikian diungkapkan Kadisparbud Bangli, I Wayan Sugiarta.

Sugiarta membeberkan, FGD itu khusus membahas tentang logo dan branding pariwisata Bangli tahun 2021. FGD secara tatap muka dan virtual itu dihadiri unsur pemerintah, praktisi pariwisata, pengelola pariwisata, akademisi, tokoh dan unsur masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya. “Sejatinya tadi banyak masukan terkait branding dan logo itu, tapi akhirnya mengerucut kepada tiga rumusan,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Kata dia, tiga kata kunci usulan tersebut yakni “Bangli Original of Bali”, “Bangli sebagai daerah konservasi”, dan “Bangli Spirituality”. Dari tiga nama itu, jelasnya, akan dirumuskan dahulu sebelum kemudian disampaikan ke Bupati Bangli. “Tiga nama ini akan kami bawa ke Bupati, nanti dipilih sebagai branding pariwisata Bangli,” tegasnya.

Disinggung tujuan membuat branding, dia berujar untuk menampilkan kekhususan produk serupa atau tidak demi meningkatkan daya saing dan membuat kian terkenal destinasi wisata Bangli. “Misalnya kita melihat (huruf) M, asosiasi kita McDonald. Atau kita melihat segitiga, kita otomatis teringat pada (mobil) Mercy,” jelasnya.

Baca juga :  “Pernikahan Massal” PNB-Dudika Kuatkan “Link and Match”

Setelah dirumuskan, dia berkata segera menyusun regulasi berupa Peraturan Bupati (Perbup) untuk payung hukumnya. Menurutnya, peserta FGD juga banyak mengusulkan agar branding itu bisa menyeluruh, tidak hanya untuk pariwisata saja. “Artinya branding itu nanti digunakan secara menyeluruh dan dipakai selamanya, kuncinya ada di Perbup,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.