Dinas PKP Bangli Pengadaan Bibit Ikan Koi

KEPALA Dinas PKP Bangli, I Made Alit Parwata. Foto: ist

BANGLI – Pengadaan bibit ikan koi akan dikembangkan di Balai Benih Ikan (BBI) Serokadan di Desa Abuan, Kecamatan Susut oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli.

Selain koi, juga pengadaan bibit ikan mas dan lele. Pengembangan koi dan ikan lainnya untuk meningkatkan klasifikasi atau jenis ikan yang dibudidayakan di BBI.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PKP Bangli, I Made Alit Parwata, Senin (28/3/2022) mengatakan, selama ini BBI hanya mengembangkan ikan konsumsi seperti ikan nila.

Melihat pangsa pasar cukup banyak permintaan di luar ikan nila, Dinas PKP Bangli mulai melakukan budidaya beberapa jenis ikan, salah satunya ikan koi. “Minat terhadap ikan koi di Bangli cukup tinggi, selain itu sudah banyak juga terbentuk komunitas koi di Bangli,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, budidaya ikan koi akan dilakukan pengadaan tahun 2022 ini dengan anggaran Rp25 juta untuk dua paket.

Satu paket berisi enam ekor jantan dan tiga ekor betina dengan ukuran 40 centimeter. Sementara untuk ikan mas, pengadaan sebanyak 40 kilogram dengan anggaran Rp12 juta.

Juga ikan lele sebanyak enam paket dengan nilai Rp2,5 juta. “Saat ini BBI Serokadan diisi ikan nila. Nantinya nila akan dialihkan ke BBI Sidembunut, sehingga BBI Serokadan khusus untuk pengembangan koi, ikan mas maupun lele,” terangnya.

Baca juga :  OPD Kabupaten Bangli Menyusut Jadi 15 Dinas

Mengenai pengadaan indukan, imbuhnya, nanti dilakukan dengan cara pengadaan langsung. Ikan yang dicari harus ada persyaratan seperti harus ada sertifikat dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPAT) Sukabumi, agar indukannya benar-benar berkualitas.

“Akan dilakukan pemeriksaan sebelum dibudidayakan untuk menjamin kualitasnya,” pungkas Alit Parwata. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.