Di Era Kepemimpinan Koster, Seni Budaya Bali Kian Hidup

SENIMAN Topeng, Bagus Megahartana. Foto: ist

DENPASAR – Generasi muda (yowana) di Bali memberi apresiasi atas kinerja Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam melakukan penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali. Seniman topeng asal Banjar Batanancak, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, I Komang Bagus Megahartana, menilai visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ telah membawa seni budaya Bali kian hidup.

“Lihat saja, sekarang. Tidak hanya Pesta Kesenian Bali (PKB) yang menjadi wadah para seniman di Bali untuk menampilkan karyanya, namun telah bertambah program seni budaya di Bali, melalui kegiatan Festival Seni Bali Jani, Bulan Bahasa Bali, sampai Lomba Ogoh-Ogoh pun dijadikan ajang tahunan,” kata Komang Bagus di Denpasar, Minggu (15/1/2023).

Bacaan Lainnya

Sebagai seniman, dia mendaku sangat senang sekali dengan adanya program yang diluncurkan Gubernur Koster, sehingga para yowana yang menggeluti dunia seni budaya Bali tidak henti-hentinya berkarya untuk tampil di setiap momen seperti Festival Seni Bali Jani dan Bulan Bahasa Bali.

“Apalagi Gubernur Bali kita telah mengadakan Lomba Ogoh-Ogoh, maka program nyata ini sangat menambah kreativitas anak muda di dalam menampilkan karya yang terbaiknya,” ujarnya.

Program Gubernur Koster tersebut, menurut dia, sangat tunggu-tunggu. Dia berharap, Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung juga selesai sesuai waktu yang direncanakan, sehingga karya monumental segera bisa manfaatkan untuk melestarikan seni budaya Bali.

Baca juga :  Menkominfo: Siaran TV Analog Beralih ke Digital Mulai 2 November 2022

Lebih lanjut ia menyampaikan, program seni budaya yang digagas oleh Gubernur Bali bersama Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) juga sangat menyentuh para pemuda untuk lebih berkreatifitas lagi.

“Contoh saja, saat Bulan Bahasa Bali, kami para Yowana di Desa Mas sangat antusias ikut dalam lomba mekekawin antarbanjar dan lomba mepidato Bahasa Bali. Kalau terus ini berlangsung, saya yakin ini adalah wadah yang menjadikan generasi muda di Bali berkepribadian dalam kebudayaan,” tegasnya.

Dia menambahkan, tak hanya memberi program dalam berkesenian dan budaya, namun sosok Gubernur Koster juga dinilai sangat mengerti tentang denyut nadi para seniman di Bali.

“Dalam ajang PKB dan FSBJ, kita bisa melihat betapa perhatiannya Bapak Koster bersama Wagub Cok Ace memberi penghargaan berupa Penghargaan Pengabdi Seni dan Penghargaan Bali Jani Nugraha. Saya senang melihat Pemerintah Provinsi Bali telah peduli dengan Seniman di Bali,” pungkasnya. alt

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.