Desa Pujungan Raih Trisakti Tourism Award

  • Whatsapp
DESA Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, meraih penghargaan Trisakti Tourism Award 2021. Penghargaan tersebut diterimakan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan, I Wayan Kotio, di Jakarta, baru-baru ini. Foto: ist
DESA Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, meraih penghargaan Trisakti Tourism Award 2021. Penghargaan tersebut diterimakan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan, I Wayan Kotio, di Jakarta, baru-baru ini. Foto: ist

TABANAN – Dengan keindahan alam yang memukau, Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, meraih penghargaan Trisakti Tourism Award 2021, kategori desa wisata berbasis budaya. Penghargaan tersebut diterimakan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan, I Wayan Kotio, di Jakarta, yang diselenggarakan secara virtual, Kamis malam (26/8/2021).

Desa Pujungan disebut sebagai salah satu dari dua desa yang ikut dinominasikan pada 2021, serta berpotensi unggul dalam aspek wisata dan budaya. Trisakti Tourism Awards 2021 merupakan bentuk apresiasi mengamalkan konsep Trisakti Bung Karno, dalam penerapan kepariwisataan di Indonesia, bedasarkan pilar politik, ekonomi, dan budaya. Tema yang diusung pada 2021 adalah desa wisata, yaitu pengembangan desa wisata yang memiliki dampak langsung dalam peningkatan pendapatan desa, yang meliputi aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan aspek budaya.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 242 kabupaten/kota di Indonesia terbagi dalam empat ketegori nominasi. Di antaranya desa wisata alam, desa wisata budaya, desa wisata kreatif, dan desa wisata kuliner. Kategori pengembangan desa wisata pun terbagi menjadi dua, yaitu desa wisata maju dan desa wisata mandiri.

“Salah satu program Pemkab Tabanan, yaitu melalui pendekatan dan pelaksanaan desa presisi. Hal itu kami aktualisasikan dengan memotivasi keberadaan potensi yang ada di masing-masing desa. Ajang tersebut kita jadikan langkah awal untuk memberikan semangat dan motivasi kepada desa, bahwa kita mampu berjuang dan memiliki potensi yang luar biasa. Membuktikan bahwa kita mampu jadi satria ke depan, membangun Tabanan era baru yang lebih baik,” ungkap Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya.

Baca juga :  Anak Winasa Tumbangkan Kembang, Paket Tepat Kuasai 4 Kecamatan

Kadis Pariwisata Tabanan, I Gede Sukanada, mengungkapkan hal senada. Dia berharap, Tabanan bisa memberikan satu kesempatan dan satu ruang gerak bagi masyarakat untuk menikmati bagian wisata lainnya di penjuru Tabanan, khususnya alam.

“Juga bisa memberikan kesempatan yang setingginya bagi masyarakat untuk melibatkan diri dalam kemajuan pariwisata. Penghargaan pada masa pandemi ini, juga bisa jadi motivasi bagi masyarakat Tabanan, sehingga sumber daya manusia dan alam jadi kata kunci utama dalam perkembangan potensi daerah, di samping kesadaran pelaksanaan protokol kesehatan,” ujarnya.

Trisakti Tourism Award dimaknai dengan pengamalan Trisakti Tourism dalam penerapan kepariwisataan di Indonesia berdasarkan pilar politik, ekonomi, dan budaya. Pemberian penghargaan ini diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Pelaksanaan Trisakti Tourism Award pertama kali dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2019. Dalam era transisi pemulihan pandemi, pelaksanaan Trisakti Tourism Award pada tahun ini dilaksanakan dengan mengambil tema Desa Wisata. gap/rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.