Bupati Tamba “Mendem Citak Dasar” di Pura Pulau Kembar

  • Whatsapp
BUPATI Tamba saat mendem citak dasar di Pura Kembar, Selasa (21/9/2021). foto: ist

JEMBRANA – Bertepatan dengan rahina Purnama Kapat, Anggara Kasih dan Kajeng Kliwon, Selasa (21/9/2021), Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, mendem citak dasar (peletakan batu pertama) bangunan palinggih di Pura Pulau Kembar.

Setelah melaksanakan persembahyangan yang dipimpin Ida Sri Begawan Darma Yoga, dilanjutkan dengan penanaman pohon Mahotama di areal pura yang berlokasi di tengah-tengah areal hutan mangrove Desa Budeng, Kecamatan Jembrana.

Bacaan Lainnya

Pada hari suci Purnama Kapat itu, selain melakukan persembahyangan di Pura Pulau Kembar, Bupati Tamba juga melaksanakan persembahyangan di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana.

Bupati Tamba mengatakan, disamping bertepatan dengan rahina becik (hari baik) itu juga merupakan kewajiban umat.

“Hari ini (Selasa lalu) selain mengikuti upacara pengeruakan dan persembahyangan di Pura Pulau Kembar, kita juga bersama para OPD melakukan persembahyangan di Pura Niti Praja. Ini adalah kewajiban kita, srada bhakti kita kehadapan Tuhan. Semoga doa kita semua untuk keajegan Jembrana terwujud dan pandemi ini segera bisa berakhir,” katanya.

Lebih lanjut, Tamba mengatakan, melalui persembahyangan itu, pihaknya juga mendoakan segenap mala dan musibah bisa luput dari Jagat Jembrana. Terutama dari pandemi Covid-19 agar segera pulih kembali.

Baca juga :  Nihil Sengketa Pilkada, Kinerja Bawaslu Bangli Dipuji, Abhan Soroti Kesiapan Fasilitas Kantor

Sementara, pemangku Pura Pulau Kembar, I Nyoman Dana, mengatakan prosesi upacara pengeruakan (mendem citak dasar) dan persembahyangan bertepatan Purnama Kapat bertujuan untuk mengajegkan jagat Jembrana.

“Mendem citak dasar ini untuk pembangunan linggih Ida yang berada di tepi aliran Sungai Tibu Kleneng Perancak ini. Astungkara bapak Bupati juga ikut langsung melakukan upacara pengeruakan ini. Semoga dengan ini jagat Jembrana lebih ajeg lagi,” pungkasnya. man

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.