Bupati Suwirta Kebut 100 Persen “Satu Desa Satu TK Negeri”

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta meresmikan penegerian tiga TK di Kecamatan Klungkung, Senin (9/8/2021). Foto: ist
BUPATI Suwirta meresmikan penegerian tiga TK di Kecamatan Klungkung, Senin (9/8/2021). Foto: ist

KLUNGKUNG – Program “Satu Desa Satu TK Negeri” tidak berhenti sebatas penegerian saja. Program ini akan berlanjut dengan melengkapi TK Negeri tersebut satu unit mobil antar-jemput siswa. “Mungkin kalau tidak pandemi, beberapa TK sudah ada yang kita bantu mobil lengkap dengan sarana edukasi di dalamnya,” kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat meresmikan penegerian tiga TK di Kecamatan Klungkung, Senin (9/8/2021).

Suwirta menarget tahun 2022 setiap desa/kelurahan di Klungkung memiliki TK Negeri. Dengan demikian diharap angka partisipasi pendidikan di TK dapat meningkat. Sebab, setelah dinegerikan, TK itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, dan siswa tidak perlu lagi membayar SPP di TK Negeri tersebut. Jadi, ke depan tidak ada lagi anak di desa yang tidak mau masuk TK.

Bacaan Lainnya

“Dengan TK Negeri, jelas operasional akan ditanggung pemerintah. Namun, untuk keperluan lainnya seperti membeli pakaian masih menjadi tanggung jawab orangtua siswa,” ucap Bupati asal Nusa Ceningan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana, menambahkan, program inovasi “Satu Desa Satu TK Negeri” dimulai sejak tahun 2018. Hingga saat ini 34 TK yang dinegerikan dari 53 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Klungkung. Tahun 2021 sebanyak 16 TK dinegerikan, masing-masing di Kecamatan Nusa Penida sebanyak lima TK, Kecamatan Dawan (4), Kecamatan Banjarangkan (4) dan Kecamatan Klungkung (3).

Baca juga :  Kapal Pesiar Tak Layak Sandar di Tanah Ampo, Dioperasikan untuk Dapat Anggaran Pusat

Untuk TK di Kecamatan Klungkung, jelasnya, yang dinegerikan tahun ini yakni TK Kumara Gana Kelurahan Semarapura Kaja menjadi TK Negeri Kelurahan Semarapura Kaja, TK Putra Pertiwi Desa Manduang menjadi TK Negeri Desa Manduang, serta dua TK masing-masing TK Hindu Dharma Widya dan TK Kumara Dewa digabung menjadi TK Negeri Desa Kamasan. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.