Bupati Sedana Arta Minta Gemarikan Terus Ditingkatkan

KETUA For Ikan Bangli, Sariasih Sedana; didampingi Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; menyuapi makanan dengan lauk ikan saat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk Generasi Sehat dan Cerdas di SMPN 4 Tembuku, Kamis (6/6/2024). Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BANGLI – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Bangli menyelenggarakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Untuk Generasi Sehat dan Cerdas di SMPN 4 Tembuku, Kamis (6/6/2024).

Gemarikan ini dijalankan karena pentingnya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat untuk peningkatan status gizi masyarakat, membentuk bangsa yang sehat, kuat dan cerdas di kalangan anak-anak maupun generasi muda.

Bacaan Lainnya

Hadir Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; Ketua For Ikan Bangli, Sariasih Sedana Arta; Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, pimpinan OPD terkait di Pemprov Bali dan Pemkab Bangli.

Dalam sambutannya, Bupati Sedana Arta menyampaikan, Gemarikan perlu terus ditingkatkan. Alasannya, ikan merupakan bahan pangan murah, mudah didapat, sumber makanan bergizi tinggi karena mengandung Omega 3 yang sangat berguna untuk kecerdasan otak.

Selain itu mengandung protein, vitamin, mineral serta memiliki kandungan kolesterol rendah. “Pentingnya makan ikan untuk peningkatan gizi masyarakat, terutama anak-anak, untuk mencegah stunting, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel otak, kesehatan mental maupun fisik,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, Gemarikan dapat dimulai dari keluarga. Sebab, anak-anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non-ikan, yang banyak tersedia di pasaran. Karena itu, untuk menggugah minat dengan mengubah dan merekayasa bentuk masakan ikan menjadi olahan lain yang lebih menarik. Seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan, kerupuk ikan dan lainnya.

Baca juga :  Menambah Nyepi, Puputan Bali Melawan Corona

Dengan meningkatnya konsumsi ikan di masyarakat, sebutnya, berimbas kepada peningkatan kebutuhan ikan segar maupun produk olahan berbahan ikan. Ini tentu akan berdampak secara tidak langsung bagi usaha dan kesejahteraan petani/kelompok pembudidaya ikan.

“Peluang ini hendaknya bisa dimanfaatkan masyarakat, terutama pelaku usaha perikanan maupun pengolah hasil perikanan, untuk meningkatkan produknya,” ajaknya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bangli, I Wayan Sarma, melaporkan, Gemarikan bertujuan untuk sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak sekolah sebagai generasi penerus bangsa, untuk sejak dini gemar mengonsumsi ikan. Sebab, ikan memiliki komposisi nutrisi sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan.

“Kegiatan ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan pembangunan, mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali Nangun Sad Kertih Loka Bali menuju Bangli Era Baru,” kata Sarma. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.