Bupati Giri Prasta Hadiri Peluncuran Perdana GeNose dan E-Ticketing di DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu

  • Whatsapp
BUPATI Giri Prasta; bersama Wabup Suiasa; dan Sekda Adi Arnawa saat menghadiri peluncuran perdana GeNose dan E-Ticketing di DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, Selasa (11/5/2021). Foto: ist
BUPATI Giri Prasta; bersama Wabup Suiasa; dan Sekda Adi Arnawa saat menghadiri peluncuran perdana GeNose dan E-Ticketing di DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, Selasa (11/5/2021). Foto: ist

MANGUPURA – Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan kesiapan menyambut pembukaan pariwisata sesuai arahan pemerintah pusat, Daerah Tujuan Wisata (DTW) Kawasan Luar Pura Uluwatu mulai Selasa (11/5/2021), menerapkan pemeriksaan GeNose C-19 sebagai alat penyaringan (skrining). Peluncuran penerapan GeNose di DTW Badung juga dirangkaian dengan peluncuran e-ticketing yang kini sepenuhnya diberlakukan di DTW Uluwatu.

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati I Ketut Suiasa dan Sekda I Wayan Adi Arnawa. Penerapan pemeriksaan tersebut sekaligus menjadikan DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu sebagai pilot project (proyek percontohan) implementasi GeNose di DTW yang pengelolaanya dikerjasamakan dengan Pemkab Badung dan implementasi e-ticketing yang menjadi DTW percontohan.

Bacaan Lainnya

Bupati Giri Prasta menyampaikan, DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu merupakan daerah wisata pertama di Badung yang menerapkan pemeriksaan GeNose C-19. Hal itu merupakan bentuk pemberian garansi kepada tamu domestik maupun mancanegara, terhadap kesiapan Badung pada saat pariwisata dibuka kembali. “Kita sudah melakukan vaksinasi kepada masyarakat terutama penggiat wisatawan di seluruh daerah wisata. Sekarang kami sudah memasang GeNose untuk mempercepat dan mempermudah berkenaan dengan pelayanan. Ini kesiapan kami terkait kesiapan infrastruktur,” terangnya.

Baca juga :  Denpasar Tambah 21 Orang Positif Covid-19, Pasien Sembuh 18, Meninggal Bertambah 1

Dipaparkannya, pemasangan alat tersebut akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan di DTW lainya, termasuk ke UMKM. Seperti wisata kuliner yang ada di Kedonganan, Jimbaran dan lainnya, guna menghadapi era kenormalan baru Kabupaten Badung yang sudah sangat siap sepenuhnya.

Dengan metode GeNose, masyarakat yang datang tidak dipungut biaya sama sekali dan itu dilakukan di Kabupaten Badung serta berlaku kepada siapapun yang sedang berwisata di tengah pandemi. “Apabila hasilnya positif kita sudah memiliki protokol kesehatan dan kita rujuk langsung ke Rumah Sakit Mangusada. Serta kita sudah siapkan rumah singgah dan untuk tenaga medis di tiap wilayah desa destinasi wisata sudah kita miliki,” jelasnya. 

Sementara terkait e-ticketing, dikatakannya penerapan sistem tersebut bertujuan transparansi berkenaan dengan pajak. E-ticketing juga bertujuan menghindari kontak langsung dari transaksi dalam pembayaran tiket masuk dan kecak di DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, sebab pembayaran akan dilakukan secara cashless.

Bendesa Adat Pecatu, Made Sumertha, mengaku sangat antusias karena DTW Uluwatu dipilih sebagai piloting project penerapan pemeriksaan GeNose C19 di DTW yang berada di kabupaten Badung. Ia berharap fasilitas tersebut sekaligus mampu meningkatkan keyakinan wisatawan DTW Uluwatu aman dikunjungi dalam era kebiasaan baru saat ini.

Sementara itu, Manajer Pengelola DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, Wayan Wijana, berharap pemasangan alat GeNose C-19 dan alat uap desinfektan sistem yang disupport Pemkab Badung nantinya dapat memberikan impact yang positif bagi kunjungan wisatawan ke DTW Uluwatu pada khususnya dan kabupaten Badung pada umumnya. “Sebagai lokasi yang ditetapkan sebagai pilot project, kami tentu akan menjaga dan mengimplementasikan alat ini dengan baik dan berkesinambungan,”ujarnya.

Baca juga :  Ngerebeg, Tradisi yang Dipercaya Menetralisir Wabah

Jika nantinya ditemukan pasien positif, maka yang bersangkutan akan segera dirujuk ke Puskesmas, karena pihaknya juga telah bekerjasama dengan Satgas Gotong Royong Covid-19 Desa Pecatu. “Karena alat ini barang relatif baru bagi kami, tentu kami senantiasa akan berkoordinasi, bersinergi, berkolaborasi dalam evaluasi, teknis, SOP dan sebagainya,” tegasnya. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.