Bunda PAUD Diajak Selamatkan Masa Emas Anak

  • Whatsapp
BIMBINGAN teknis penguatan kapasitas Bunda PAUD kecamatan, desa/kelurahan, Rabu (3/11/2021) di Museum Subak Masceti. Foto: adi

GIANYAR – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia, serta menjadi wadah memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Meningkatkan kualitas PAUD, Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar melaksanakan bimbingan teknis penguatan kapasitas Bunda PAUD kecamatan, desa/kelurahan, Rabu (3/11/2021) di Museum Subak Masceti, Medahan, Blahbatuh.

Bacaan Lainnya

Ketua Peningkatan Kapasitas Peran Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Dewa Ngakan Putu Manuaba, mengatakan, tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia.

Ini yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya. Diserukannya pula untuk bersama-sama memberi dorongan serta motivasi kepada anak-anak guna meningkatkan rasa percaya dirinya.

‘’Kepada para bunda yang hadir hari ini (kemarin), ayo kita bersama bahu-membahu menjadikan anak-anak kita berkembang sesuai potensi yang dimiliki. Dan, itu harus dimulai sejak dini. Berikan dorongan, motivasi yang positif agar kepercayaan diri anak dapat terbentuk,’’ ajaknya.

Manuaba berharap para Bunda PAUD memiliki kemampuan menggunakan anggaran demi terwujudnya layanan PAUD yang berkualitas. ‘’Peranan Bunda PAUD sangat urgen dan sangat dibutuhkan dalam menggerakkan seluruh pihak, melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam mendukung satuan PAUD melakukan penguatan pembelajaran berkualitas,’’ imbuhnya.

Baca juga :  Dampingi Koster, Gede Dana Apresiasi Pembangunan SMKN 2 Kubu

Mewakili Bunda PAUD Gianyar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya, menyebut bimtek bertujuan menyelamatkan periode emas (golden age) anak. Kata dia, pada saat periode emas, segala hal yang berkaitan dengan tumbuh-kembang anak berkembang secara pesat. Jika itu tidak diarahkan dengan benar, tidak akan berdampak signifikan terhadap proses perkembangan selanjutnya.

“Masa emas merupakan masa anak mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya, untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif dan sosialnya. Dan, ini hanya sekali, jika terlewat tidak akan bisa kembali lagi,” pesannya.

Keberadaan dan peran Bunda PAUD, urainya, sangat penting untuk menggerakkan setiap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya. Bunda PAUD juga diharap dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing, yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

Melalui bimtek tersebut, sebutnya, dia berharap dapat memberi pengetahuan bagi Bunda PAUD kecamatan/desa/ kelurahan bahwa anak usia dini tidak hanya diberikan dalam satu bidang pendidikan saja. Mereka juga perlu memberi pelayanan mencakup kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan serta perlindungan bagi anak usia dini.

‘’Saya berharap bimbingan teknis penguatan Pokja Bunda PAUD tersebut dapat menjadi sarana mengoptimalkan peranan Bunda PAUD dalam mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas,’’ katanya menandaskan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.