Buka Rakerda ICSB, Wawali Arya Ajak Bersinergi Dukung Pengembangan UMKM Ciptakan Daya Saing

  • Whatsapp
WAKIL Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyematkan Pin, menandai pengukuhan Pengurus Korwil dan Regional Director ICSB Kabupaten/Kota se-Bali, di Dharma Negara Alaya, Denpasar, Senin (22/11/2021). foto: ist

DENPASAR – Wakil Wali Kota (Wawali) Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Indonesia Council For Small Business (ICSB), di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar, Senin (22/11/2021).

Wawali Arya Wibawa juga menyematkan Pin menandai pengukuhan Pengurus Korwil dan Regional Director ICSB Kabupaten/Kota se-Bali.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tahunan ini guna membangun sinergi program ini dihadiri Incoming Chair ICSB Global, Hermawan Kertajaya, President ICSB, Jacky Mussry, Founder ICSB, AA Gede Ngurah Puspayoga, Regional Director ICSB Bali, Dewa Made Mahayadnya.

Arya Wibawa mengatakan, ICSB memiliki peran penting dalam menggandeng agregator dalam mendukung pelaku UMKM, terutama dalam menjalankan 7 fungsi utama bisnis yakni; pengembangan produk, pengembangan kemasan, pengembangan merek, akses pasar, rantai pasok, pengembangan SDM dan akses pembiayaan. Sehingga, misi ISBC dalam mengembangkan semangat kewirausanaan para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia dapat diwujudkan.

“Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya memberikan dukungan untuk membangkitkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para enterpreneurship di Kota Denpasar melalui program unggulan,” jelasnya.

Arya Wibawa juga berpesan kepada seluruh komponen masyarakat terutama para enterpreneurship untuk bersama-sama mendukung pembangunan daerah. Hal ini dilaksanakan dengan mengembangkan potensi, kreatifitas dan kearifan lokal serta menumbuhkan jiwa wirausaha UMKM. Sehingga secara berkelanjutan kedepannya mampu bersaing di tingkat regional dan internasional.

Baca juga :  BKSDA Bali Pindahkan Satwa Siamang ke Pusat Rehabilitasi di Sumbar

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada ICSB Regional Bali karena telah menjadi integrator bagi keempat pilar ICSB untuk bisa memberikan kontribusi lebih optimal bagi para UKM, saya berharap dengan segenap stakeholder dapat membangkitkan semangat bagi para pelaku UMKM untuk tetap tumbuh dan berkembang di masa pandemi,” ujarnya.

Regional Director ICSB Bali, Dewa Made Mahayadnya mengatakan, keberadaan ICSB ini bertujuan untuk menjadi integrator bagi empat pilar yakni Pemerintah, Pelaku Bisnis, Peneliti dan Pendidik. Sehingga secara berkelanjutan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia, khususnya Bali dan Kota Denpasar.

Ia menambahan, di masa pandemi saat ini tentunya ICSB berkomitmen untuk mendukung pemulihan perekonomian Bali. Sehingga Bali dapat tumbuh kembali baik secara kesehatan dan perekonomian.

“Pelaksanaan Rakerda kali ini dirangkaikan dengan pelantikan beberapa pengurus Regional Bali dan Pengurus ICSB Kabupaten/Kota se-Bali, selain itu juga Rakerda ini merupakan momentum untuk menyelaraskan program kerja ICSB Pusat dan Daerah bersama empat pilar lainya,” jelasnya.

Incoming Chair ICSB Global, Hermawan Kertajaya menjelaskan, pelaksanaan Rakerda kali ini selain untuk membangun sinergitas program, hal ini juga berkaitan dengan komitmen suksesi pelaksanaan ICSB Internasional di Tahun 2023 nanti.

“Kami berharap Rakerda kali ini dapat memberikan gambaran tentang komitmen dalam membangun sinergitas empat pilar ICSB serta mendukung pelaksanaan ICSB Internasional Tahun 2023 nanti,” harapnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.