BMKG Prakirakan Hujan Lebat Disertai Kilat Petir Terjadi di Bali

  • Whatsapp

MANGUPURA – Sejak dua hari terakhir, BMKG mendeteksi adanya Pusat Tekanan Rendah (Low Pressure Area – LPA) di sekitar selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bibit siklon tersebut diprediksikan masih bertahan dan menunjukkan pergerakan ke arah barat mendekati wilayah laut di selatan Jawa Timur dengan potensi intensitas yang menguat hingga dua hari mendatang. Kondisi itu berpotensi menjadi Siklon Tropis yang berdampak pada pembentukan cuaca ekstrem.

Bacaan Lainnya

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, BMKG terus memonitor perkembangan potensi bibit siklon mengantisipasi kemungkinan menguat menjadi siklon tropis.

Keberadaan potensi bibit siklon cukup signifikan berdampak pada pembentukan pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatra Selatan – Jawa – Nusa Tenggara dan secara tak langsung berdampak pembentukan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Termasuk angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem.

Seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat petir, hujan es, serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Baca juga :  Usai Pelatihan, Sekda Bali Minta Relawan Covid-19 segera Turun Edukasi Masyarakat

Disisi lain, 96 persen wilayah Indonesia saat ini memasuki musim hujan. Untuk periode sepekan kedepan (23-28 Februari 2021).

BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Bali.

Sementara prakiraan tinggi gelombang sepekan ke depan (24 Februari – 1 Maret 2021) di wilayah perairan Bali berpotensi terjadi dengan ketinggian 2.5 – 4.0 meter atau dengan kategori tinggi. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.