BI Jamin Pengguna QRIS Aman

  • Whatsapp
KEPALA KPwBI Bali, Trisno Nugroho; bersama Wagub Cok Ace dan pejabat BC dan Bank Mandiri saat peluncuran Digitalisasi Pembayaran BC lewat QRIS, Selasa (26/10/2021). Foto: ist

MANGUPURA – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali,Trisno Nugroho, menjamin keamanan bertransaksi menggunakan Quick Response Indonesia Code Standard (QRIS). Kepastian ini diungkapkan Trisno, seusai peluncuran Digitalisasi Pembayaran Bea Cukai lewat QRIS di BC Ngurah Rai Tuban, Selasa (26/10/2021).

Dia pun merinci teknis pemberian izin kepada bank pengguna QRIS. Sebelum bisa menggunakan QRIS, pihak BI melakukan pengecekan terkait sistemnya. Bagaimana keamanannya dan dites. ‘’Setelah itu dipastikan memang aman, izinnya baru dikeluarkan,’’ lugas Trisno.

Bacaan Lainnya

Pejabat asal Cilacap, Jawa Tengah, itu menambahkan, setahun sekali pengguna diperiksa. BI juga punya yang namanya pro dengan konsumen. ‘’Kalau ada konflik atau masalah antara konsumen dengan bank QRIS-nya ini bisa dimediasi,’’ katanya.

Dia mendaku pernah mencoba, ada kelebihan transaksi sejuta. Kesalahan menekan angka 0. “Saya langsung kontak kepada banknya bahwa saya kelebihan bayar, akhirnya uangnya dibalikin. Kalau tidak bisa, nanti kita mediasi antara bank sama customer-nya. Jadi kita sudah antisipasilah. Untuk keamanan nasabah, keamanan kita semua, lebih aman menggunakan fasilitas ini, tidak ada ketakutan lagi,’’ bebernya.

Sementara itu, data dari Bea Cukai Ngurah Rai, potensi pembayaran setiap bulannya sekitar Rp2 miliar untuk bea masuk baik melalui bandara maupun Kantor Pos. Selama ini, pembayaran dilakukan lewat EDC. Trisno berharap bisa 100 persen pembayaran dilakukan lewat QRIS, sehingga tak ada lagi pembayaran dengan tunai. nan

Baca juga :  D'Vesta Club Bali Seminyak Terbakar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.