Bantu Warga Terdampak Covid-19 dan UMKM, OSIS SMP Widya Sakti Lakukan Gerakan Peduli dan Berbagi

  • Whatsapp
OSIS SMP Widya Sakti Denpasar didampingi Kasek Wayan Nendra menyerahkan bingkisan sembako pada warga Kelurahan Penatih yang terdampak pandemi Covid-19. Foto: tra
OSIS SMP Widya Sakti Denpasar didampingi Kasek Wayan Nendra menyerahkan bingkisan sembako pada warga Kelurahan Penatih yang terdampak pandemi Covid-19. Foto: tra

DENPASAR – Setahun lebih sudah pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Naik turunnya angka kasus Covid-19 saat ini menjadikan kita harus selalu taat pada protokol kesehatan dan waspada akan penyebarannya.

Di sektor pendidikan, praktis selama pandemi ini seluruh peserta didik di Indonesia melakukan pembelajaran online atau daring. Banyak warga di ekonomi menengah ke bawah di berbagai bidang pekerjaan merasakan dampaknya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut mendorong OSIS SMP Widya Sakti Denpasar melakukan bakti sosial bagi warga sekitar wilayah Kelurahan Penatih, Denpasar Timur, melalui tema “Wujud Kepedulian Terhadap Sesama di Era Pandemi Covid-19”. Dimotori Ketua OSIS Ni Kadek Indri Noviyanti mengajak orang tua siswa yang mampu untuk menyumbang sekadarnya secara sukarela berupa sebutir telur, secangkir gula pasir, segelas beras, dan satu bungkus mi instan.

Bahan pokok makanan itu selanjutnya dikumpulkan dan dipaketkan menjadi paket sembako untuk disumbangkan kepada warga yang kurang mampu. Termasuk keluarga yang ada sanak saudaranya menjalani isolasi terpusat karena terpapar virus Corona.

Respon dari pihak sekolah pun sangat baik dan mengapresiasi niatan untuk terlaksananya kegiatan tersebut. “Saya pribadi mendukung acara bakti sosial yang dilakukan anak-anak OSIS ini, tentunya semangat berbagi dan saling membantu kepada warga akan bisa menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak bagaimana indahnya berbagi kepada sesama,’’ ujar Kepala SMP Widya Sakti Denpasar, Drs. I Wayan Nendra, Senin (9/8/2021).

Baca juga :  Bawaslu Sebut APK di Luar Difasilitasi KPU Melanggar

Sementara itu, SMP Widya Sakti juga memprogramkan gerakan membantu UMKM. SMP Widya Sakti membantu dengan membeli produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya bidang kuliner di wilayah Kelurahan Penatih, Denpasar Timur.

SMP Widya Sakti Denpasar yang dipercaya Kelurahan Penatih bersinergi dengan Desa Adat Penatih sebagai panitia peringatan Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno memesan ratusan kotak makanan dari sejumlah warung kecil di Kelurahan Penatih. Makanan itu selanjutnya dipakai konsumsi saat kegiatan tersebut dan dibagikan pada masyarakat yang membutuhkan.

‘’Untuk mendukung kegiatan tersebut, SMP Widya Sakti menyumbang hampir Rp8.363.000. Ke depan kami masih berupaya bentuk kegiatan lain untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ini,’’ kata Nendra.

Saat itu, SMP Widya Sakti Denpasar sukses menyelenggarakan lomba baca puisi dan melukis tingkat SD kelas VI se-Kota Denpasar. Juga digelar lomba tari Margapati dan lomba pidato Bung Karno yang diikuti seka teruna se-Kelurahan Penatih. Serta lomba pidato bahasa Bali dengan tema “penanggulangan sampah” yang diikuti prajuru banjar se-Kelurahan Penatih.

Hadiah uang untuk pemenang lomba, kata Nedra, juga bermanfaat bagi siswa untuk melanjutkan studi. Juga hadiah uang bagi seka teruna dan prajuru banjar sangat bermanfaat di masa pandemi, sekaligus dipakai untuk membiayai kelanjutan pendidikan anak-anak mereka. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.