Banjar Adat Sanggulan Kampung Tertib Lalu Lintas Pertama di Tabanan

  • Whatsapp
KAPOLRES Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar menandatangani prasasti peresmian Banjar Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kediri, sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, Senin (22/3/2021). Foto: ist
KAPOLRES Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar menandatangani prasasti peresmian Banjar Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kediri, sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, Senin (22/3/2021). Foto: ist

TABANAN – Kapolres Tabanan, AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar, meresmikan Banjar Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kediri, sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas. Peresmian tersebut juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tabanan, di Balai Banjar Sanggulan, Senin (22/3/2021).

Menurut Mario, label kampung tertib lalu lintas itu dimaksudkan untuk menjadikan contoh dan pembelajaran budaya tertib lalu lintas, guna tercipta kamseltibcar lantas di wilayah Kabupaten Tabanan. “Pembentukan kampung tertib lalu lintas ini juga sebagai pembelajaran kepada masyarakat Kabupaten Tabanan tentang budaya tertib lalu lintas, demi tercipta kamseltibcar lantas,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, lakalantas masih jadi penyumbang angka kematian nomor tiga di Indonesia. Yang jadi korban di antaranya adalah usia produktif, sehingga pendidikan dan pembelajanan budaya tertib berlalu lintas dipandang perlu diberikan sedini mungkin. Salah satunya dikemas dalam bentuk kampung tertib berlalu lintas.

Kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu upaya yang dilakukan Polres Tabanan, dalam hal ini Satlantas Polres Tabanan sebagai pengemban fungsi lalu lintas di Kabupaten Tabanan. Di antaranya memberikan edukasi sejak dini mungkin terkait budaya tertib lalu lintas dan menetapkan lingkungan yang tertib, mulai dari tingkat banjar dan diterapkan dalam pola hidup tertib berlalu lintas.

Baca juga :  Pariwisata Mati Suri, Alit Warnata Beralih Profesi jadi Peternak Kambing

“Kami berharap kepada masyarakat Desa Adat Sanggulan, dengan ditetapkan sebagai kampung tertib lalu lintas, dapat jadi contoh untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan, dalam membudayakan tertib berlalu lintas di jalan raya,” ujar Mario.

Dalam pesannya, dia juga mengajak semua pihak untuk adi pelopor keselamatan berlalu lintas, dan utamakan keselamatan sebagai kebutuhan. “Bila mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya tetap berhati-hati, agar tidak jadi korban lakalantas. Selalu cek kendaraan sebelum digunakan, serta lengkapi diri dengan kelengkapan keselamatan berkendara, termasuk administrasi kendaraan,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Tabanan, dalam sambutan tertulis yang diwakili Kadishub Tabanan I Gusti Darma Utama. Menurutnya, upaya ini merupakan investasi jangka panjang dalam menyiapkan masyarakat yang memiliki kesadaran menciptakan keamanan, terutama berlalu lintas.

“Semoga ke depan akan bermunculan kampung tertib lalu lintas lain, yang inisiatifnya muncul dari masyarakat sendiri,” ujarnya.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tabanan, yang disaksikan pejabat dan aparat desa dan ada setempat yang hadir. Dilanjutkan dengan meninjau taman lalu lintas. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.