Bagian Sosialisasi Capres 2024, Golkar Wajibkan Kader Pajang Foto Airlangga di Bilboard

  • Whatsapp
FOTO Airlangga Hartarto di salah satu bilboard di Kerobokan, Kuta Utara, Badung yang sebelumnya dipasang pada April 2021. Foto: hen
FOTO Airlangga Hartarto di salah satu bilboard di Kerobokan, Kuta Utara, Badung yang sebelumnya dipasang pada April 2021. Foto: hen

DENPASAR – DPP Partai Golkar akhirnya resmi memerintah seluruh kader di Indonesia untuk memajang foto Ketua Umum Airlangga Hartarto di papan bilboard. Instruksi tersebut sebagai bagian dari upaya sosialisasi sosok Airlangga sebagai calon Presiden yang diusung Golkar pada Pemilu 2024 mendatang. “Untuk di Bali sudah kami instruksikan, semuanya memasang. Bahkan berlebih,” kata Korwil Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Bali dan Nusa Tenggara, Gde Sumarjaya Linggih, Senin (5/7/2021).

Hanya, politisi yang akrab disapa Demer itu tidak menjelaskan lebih jauh seperti apa penjabaran instruksi tersebut. Misalnya di titik mana saja pemasangan foto dimaksud, dan seberapa banyak pemasangan foto dalam satu wilayah tertentu.   

Bacaan Lainnya

Ketua DPD Partai Golkar Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira, di kesempatan terpisah mengakui memang ada instruksi resmi dari DPP tersebut. Sebagai penerjemahannya, dia berkata Fraksi Golkar DPRD Denpasar sudah memasang bilboard seperti perintah DPP. “Bilboard dengan desain yang sama,” ucap Wakil Ketua DPRD Denpasar itu. Namun, lagi-lagi dia tidak merinci lebih jauh berapa banyak titik yang dipasang.

Ketua DPD Partai Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry, yang sedianya dimintai komentar atas instruksi itu, tidak memberi tanggapan.

Baca juga :  Dihadiri Rai Iswara, Donor Darah Golkar Rasa Pamer Calon Pilkada Denpasar

Sebelum perintah resmi DPP bernomor Sprin 23/DPP/Golkar/VII/2021 bertanggal 3 Juli itu keluar, sudah ada instruksi “setengah resmi” dari petinggi DPP untuk memasang foto Airlangga di sejumlah tempat strategis. Sejumlah sumber di internal Golkar pada akhir April 2021 lalu mengakui ada instruksi dari DPP untuk memasang baliho Airlangga Hartarto untuk sosialisasi ke publik. Saking seriusnya sosialisasi pencapresan, di baliho yang wajib dipasang di lokasi strategis itu tidak boleh berisi foto selain Airlangga.

“Perintahnya begitu, tidak boleh memasang gambar kader yang memasang baliho. Pasang foto bos saja, supaya dikenal oleh rakyat,” celetuk seorang sumber beberapa waktu lalu.

Sumber ini menambahkan, biaya pemasangan baliho dibebankan kepada kader, baik struktur partai maupun yang menjabat di legislatif. Dia mengakui nilainya lumayan, bisa mencapai Rp10 juta di posisi strategis atau di jalan protokol. “Ya ini perintah partai, Ketua Umum mau maju di Pilpres, harus dilaksanakan. Mau berat atau ringan biayanya di kami, wajib jalan,” imbuhnya.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Senin (5/7/2021), Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, menyebut perintah tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021. Keputusan dua hajatan nasional itu menginstruksikan seluruh kader Partai Golkar untuk menyosialisasikan sang Ketua Umum kepada seluruh masyarakat. Salah satu pertimbangan surat itu memang mencantumkan keputusan Rapimnas Partai Golkar 2021 yang menetapkan pemenangan Pilpres 2024, dan tahun 2021 sebagai tahun sosialisasi media dan penggalangan opini

Baca juga :  IBL 2021: Bali United Tutup Seri II dengan Mengalahkan West Bandits

Dokumen yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Lodewijk F. Paulus dan Wakil Ketua Umum Nurul Arifin itu ditujukan kepada Ketua Fraksi Golkar DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Kemudian jajaran ketua DPD Golkar, ketua umum organisasi sayap Partai Golkar, serta ketua Organisasi Masyarakat Hasta Karya. Mereka diperintahkan memasang foto Airlangga di papan iklan yang berbentuk billboarad atau videotron di daerah masing-masing. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.